Cabor Taekwondo Targetkan Jadi Lumbung Emas KSB

Cabor Taekwondo Targetkan Jadi Lumbung Emas KSB

Sumbawa Barat, SR – Meski tergolong baru hadir cabang olah raga Taekwondo di KSB,namun kiprah Cabor yang satu ini cukup diperhitungkan oleh lawannya.

Walaupun keberadaan cabang olah raga Taekwondo ini baru berada di KSB,tetapi setiap adanya ajang Pekan Olah Raga Propinsi NTB Kabupaten Sumbawa Barat tidak pernah ketinggalan mengirimkan Cabor terbaiknya untuk mengikuti kejuaraan di Porprov,meskipun belum menunjukan prestasi terbaiknya,namun Cabor ini selalu eksis.

Dalam pantauan media,masa kejayaannya Cabor ini diraih pada tahun 2010 silam,dimana cabang Olah raga Taekwondo satu satunya Cabor yang menyumbangkan medali emas terbanyak bagi kontingen dari Sumbawa Barat di ajang Porprov NTB.

Selanjutnya, trent itu terus menurun sejak  dua emas terkahir berhasil disumbang atlet Taekwondo KSB pada Porprov 2014. Sejak itu, nyaris tidak ada prestasi dan terus menghilang hingga kini.

Pembinaan dan pengelolaan management organisasi yang fakum, membuat Cabor ini tidak diunggulkan dalam setiap event Porprov.

“Itu misi jangka pendek kita. Pembenahan internal organisasi dan penyusunan strategi menghadapi Porprov 2018. Jangka panjang, pembinaan atlet usia dini agar atlet Cabor ini terus berkesinambungan,” kata, Baharuddin Ank, ketua Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) Sumbawa Barat, kepada pers, belum lama ini.

Baharuddin Ank baru saja terpilih secara aklamasi menjadi ketua PBTI Sumbawa Barat periode 2018-2023. Keterpilihan tokoh muda dan tokoh politik itu sedikit memberi harapan baru bagi tumbuh kembangnya prestasi atlet Taekwondo di bawah binaannya.

Baharuddin Ank berharap, setiap event diupayakan menjadi moment terbaik para atlet untuk mengukir prestasi. Ank sapaan akrab tokoh mudah ini, bahkan tidak sesumbar berjanji meningkatkan prestasi Cabor Taekwondo di tingkat lokal regional bahkan nasional.

“Bahkan tidak menutup kemungkinan, Taekwondo bisa menjadi salah satu lumbung emas kontingen Sumbawa Barat,”akunya, optimis.

Baharuddin Ank lahir di Taliwang, 46 tahun silam. Ank muda tercatat telah banyak memimpin organisasi sekolah bahkan hingga ke Universitas. Diantaranya,  ketua Senat Mahasiswa Unram, Mantan Ketua OSIS  SMAN 1 Sumbawa Besar. Mantan Ketua Gerakan Mahasiswa Kosgoro NTB. Mantan Ketua HIPMI KSB dan sekarang Ketua Dewan Pembina HIPMI KSB. Dan Pengurus HIPMI NTB.

Ketua senat setara dengan ketua BEM. Baharuddin Ank bahkan pernah menjabat sebagai Ketua Presidium Mahasiswa Indonesia Timur. (lal/zm)

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or