Dinas Pendidikan dan Pemerintah berusaha mendukung pendidikan : Blog4

Peraturan Kalender Pendidikan Jawa Barat di Masa New Normal

Saat ini, dunia sedang menghadapi krisis akibat penyebaran virus berbahaya, yang mengakibatkan sedikit perubahan dalam  pengendalian kalender pendidikan Jawa Barat. Sebab, setelah pemerintah melarang warga keluar rumah agar tidak tertular virus, masih dianggap berbahaya kegiatan edukasi perlu dilanjutkan di masa pandemi ini.

Oleh karena itu, perubahan sistem pendidikan ditentukan oleh Kantor Pendidikan dan berlaku untuk semua lembaga dan lembaga pendidikan di Indonesia. Dari yang semula ditemui, kini siswa dan guru harus memulai pembelajaran daring menggunakan aplikasi untuk terus belajar, meski harus memaksa kedua belah pihak untuk bisa menggunakan gadget tersebut.

Tentunya hal ini awalnya disambut baik oleh orang tua karena pembelajaran dapat terus berlanjut di masa-masa sulit tersebut. Untuk Jawa dan sekitarnya, pemerintah daerah harus mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan. Dengan keputusan ini, kalender pendidikan Jawa Barat juga harus mengalami perubahan.

Jika dicermati lebih dalam, perubahan regulasi menjadi lebih jenuh karena tugas yang diberikan membuat tidak aktif dan sulit untuk mendapatkan materi pembelajaran sesuai kurikulum. Siswa hanya bisa mendapatkan beberapa materi, namun itupun berlangsung singkat tanpa penjelasan khusus karena kegiatan daring mungkin tidak selalu berguna dalam pembelajaran.

Dinas Pendidikan dan Pemerintah berusaha mendukung pendidikan

Blog :

  1. pacerlinux.com
  2. pakemvalley.com
  3. pandawapr.com
  4. pans25years.com
  5. passiveagressivelunchbags.com
  6. plantercraftbdg.com
  7. polsekbekasitimur.com
  8. proman5jam.com
  9. selkomc.com
  10. sentradev.com
  11. sianiparandpartners.com
  12. ssbindonesia.com
  13. tamansariamarta.com
  14. tombongantuk.com
  15. unitarstudents.com
  16. wpgpark.com
  17. blackboxtix.com
  18. nusunokarya.com
  19. ekagustiwana.com
  20. makandiantar.com
  21. theoffalcook.com
  22. etrashidn.com
  23. mimpiproperti.com
  24. lele-lela.com
  25. bablanja-manado.com

Karena kegiatan daring dinilai sulit dilakukan, pemerintah dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan beberapa staf khusus akhirnya mencoba memberikan sejumlah program dukungan untuk mendukung proses pembelajaran. Namun tenang saja karena program tersebut  tidak mempengaruhi kalender pendidikan Jawa Barat sehingga kegiatan pembelajaran dapat terus berlanjut.

Program dukungan untuk mendukung pendidikan di wilayah Jawa Barat antara lain Sumbangan Peserta Didik Bulanan (IBPD), Sekolah Terpadu Satu Pintu, Masagi Jawa Barat, Keluarga Kurang Mampu Secara Ekonomi (KTM), Bantuan Pendidikan Menengah Universal (BPMU), serta Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dan beberapa beasiswa dari Dinas Pendidikan Jawa Barat.

Tentunya hal ini menjadi kabar baik karena di masa pandemi virus menular, tindakan pemerintah berupaya mendukung kegiatan pembelajaran. Namun sayangnya program tersebut hanya berlaku selama periode kalender pendidikan Jawa Barat periode 2020/2021 pada semester I, sehingga program tersebut berakhir kemarin pada Desember 2020.

Namun meski tidak ada dana bantuan di tahun 2021, tenang saja, namun mendapatkan bantuan dari pemerintah khususnya Pemda Jabar yang berupaya menekan biaya sekolah. Apalagi pemerintah masih melakukan program KIP dan Dana Bose untuk mendukung proses pembelajaran di masa new normal saat ini.

Koordinasi kegiatan pembelajaran dalam kalender pendidikan Jawa Barat

Saat ini, kegiatan pembelajaran seluruh organisasi dan lembaga pendidikan masih menggunakan metode daring sehingga kegiatan pembelajaran tetap harus dilakukan. Sementara banyak orang tua yang tidak bahagia, hal itu tentu menjadi salah satu perhatian pemerintah agar masyarakatnya tetap aman dan terhindar dari penyakit menular.

Apalagi, setelah kegiatan pembelajaran mulai menggunakan metode daring, banyak siswa yang saat ini kebal terhadap gempuran virus menular tersebut. Sejak  dimulainya semester ii kalender pendidikan Jawa Barat pada 11 Januari 2021,  banyak mahasiswa yang sudah mulai terbiasa dengan metode pembelajaran daring sehingga permasalahan masa lalu dapat diselesaikan sampai batas tertentu.

Nantinya siswa akan terus menggunakan metode pembelajaran ini hingga benar-benar aman, dan dipastikan tidak ada risiko menular saat mulai bertatap muka. Kendati demikian, Dinas Pendidikan tetap berupaya mengubah kurikulum pendidikan agar lebih cocok dengan metode pembelajaran daring yang awalnya tidak tepat karena bersifat tatap muka.

Selama ini berbagai tugas baru mulai ditawarkan, seperti membuat video atau latihan senam agar siswa juga bisa aktif move on menggunakan metode pembelajaran daring. Seiring berjalannya waktu, semester  II kalender pendidikan Jawa Barat akan selesai pada 25 Juni 2021 dengan sistem pembagian rapor yang mirip dengan semester sebelumnya.

Pemerintah telah mengupayakan kerja sama dari semua pihak untuk mendukung pendidikan.

Dengan adanya masa new normal saat ini, aktivitas belajar menjadi lebih mudah diatur dan difokuskan untuk menciptakan lebih banyak kenyamanan belajar bagi semua orang yang terlibat. Terlepas dari orang tua, guru dan siswa, Dinas Pendidikan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) terus berupaya memberikan yang terbaik bagi generasi mudanya.

Bahkan seiring berjalannya waktu, sistem pendidikan online sudah mulai diadopsi oleh semua kalangan masyarakat. Dari kegiatan perkuliahan taman kanak-kanak hingga pendidikan tinggi, sistem online telah digunakan sebagai metode pembelajaran yang paling efektif untuk menjaga kesehatan semua orang, baik itu dari serangan virus yang berbahaya atau masalah lainnya.

Selain itu, saat ini ada beberapa zona hijau di Jawa Barat yang memperbolehkan siswa bersekolah. Namun tetap harus dicatat bahwa semuanya harus mengikuti protokol yang berlaku agar masalah tertentu tidak terjadi. Kalender Pendidikan Jawa Barat juga akan mengambil beberapa langkah untuk mengakomodir situasi tersebut, mengikuti pemerintah setempat.

Zona hijau adalah area di mana tingkat penyebaran virus yang rendah, sehingga tetap aman bagi masyarakat selama beberapa waktu. Namun, pemerintah daerah Jawa Barat tetap mengimbau masyarakat untuk mengikuti aturan yang berlaku. Jika tidak, ada ketentuan denda karena tidak mengikuti aturan yang berlaku.

Penggunaan kegiatan pembelajaran daring bagi guru dan siswa

Seperti yang kita ketahui, pembelajaran daring kini menjadi metode yang paling efektif untuk menghindari penyakit menular virus. Selain  kegiatan pembelajaran khas yang mengikuti kalender pendidikan Jawa Barat, guru harus menyesuaikan diri dengan kurikulum materi baru dari Dinas Pendidikan agar bisa merasa lebih nyaman saat mengajar.

Karena ini baru bagi kebanyakan orang di Indonesia, tentunya akan sangat sulit untuk membiasakan diri dengan masa-masa awal karena kurangnya pengalaman di bidang tertentu. Namun seiring berjalannya waktu, Pemda Jabar percaya bahwa semua pekerja dan tenaga kerja yang bekerja sama akan mampu mengatasi masa sulit ini.

Kalender Pendidikan Jawa Barat sebenarnya menjadi acuan bagi guru dan guru untuk memberikan upaya terbaiknya dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Harus selalu dijalankan oleh pemerintah agar masyarakat Indonesia dapat terbiasa dengan sistem dan pola pendidikan yang baru untuk menghadapi masa new normal.

Sebagai seorang guru, Anda dapat terus melakukan yang terbaik untuk mendukung siswa tumbuh dalam situasi yang sangat buruk ini. Jangan kehilangan jiwa dan terus berusaha untuk terus maju sehingga Anda dapat menyambut hari yang baik di masa depan. Pendidikan akan selalu diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan generasi muda.

Pemerintah akan terus berupaya memberikan upaya terbaik dari bos dan dana kip agar setiap anak dapat menikmati pendidikan yang lebih baik. Tak hanya Jawa Barat, seluruh provinsi di Indonesia juga mengalami pengalaman yang sama dan terus berjuang.  Mengacu pada kalender pendidikan Jawa Barat, kita bisa bergerak maju untuk lebih meningkatkan prestasi generasi muda.