Mahasiswa STMIK Syaikh Zainuddin NW Gelar Penghijauan

Mahasiswa STMIK Syaikh Zainuddin NW Gelar Penghijauan

Lombok Timur SR – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani bekerjasama dengan Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Kecamatan Sembalun, menggelar kegiatan penghijauan ( Sembalun Go Green) 2018 Ahad (1/3). Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian mahasiswa dan pemuda untuk menjaga keasrian alam dan sumber mata air di kawasan hutan Desa Sembalun Bumbung Kecamatan Sembalun Lombok Timur.

Ketua BEM STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani, Muhammad Riadun, menyatakan kegiatan ini tidak hanya terhenti pada saat menanam, namun keberlanjutan berupa monitoring sebagai hal yang penting. Oleh karena itu mereka yang terlibat penanaman pohon sepakat akan melakukan monitoring perawatan secara berkala.

“Monitoring akan dilakukan seminggu sekali selama tiga bulan, meliputi penyiraman, tambal sulam bibit” ujar Riadun, yang diamini oleh Junaidi, Ketua IPPM Sembalun.

Lanjut Riadun, tahapan reboisasi atau penanaman kembali komponen tumbuhan di Desa Sembalun Bumbung diharapkan mampu mengembalikan fungsi utama lahan sebagai daerah yang produktif. Sehingga pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, mereka diharapkan terjun dan membantu penghijauan hingga kegiatan perawatan.

“Kegiatan ini sekaligus sebagai fasilitas untuk menunjang segala aktivitas akademik mahasiswa, yang selalu dituntut untuk terjun langsung ke lapangan. Dengan kegiatan menanam pohon tentu bisa menjadi sarana belajar di alam dan mengenal alam secara langsung,” tambahnya

Kepala Desa Sembalun Bumbung, Sunardi, dalam sambutannya saat menerima peserta penghijauan sangat mengapresiasi kegiatan yg dilaksanakan oleh pemuda dan mahasiswa ini. “Kami berharap kepada Pemuda agar tetap bersemangat dan selalu berkegiatan positif dalam pembangunan masyarakat desa, semoga kedepannya, kegiatan seperti ini tetap dilaksankan tentunya dengan cakupan yang lebih luas dan kuantitas bibit pohon lebih ditingkatkan lagi,” katanya

Pada kegiatan penghijauan kali ini, IPM Sembalun dan BEM STMIK SZ NW menanam sekitar 500 pohon dengan jenis Jati Putih, Sengon dan Nangka. Pada Sembalun Go Green ini mengambil tema “Membangun Semangat Warga Sembalun Untuk Peduli, Menjaga dan Melestarikan Alam Sekitar” (vin)

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or