H. Wildan: UNBK, Persiapan Sudah Matang Tinggal Mantapkan Mental Siswa

H. Wildan: UNBK, Persiapan Sudah Matang Tinggal Mantapkan Mental Siswa

 

Lombok Tengah SR – Ujian Nasional Berstandar Komputer (UNBK), untuk tingkat sekolah menengah atas, akan dilaksanakan pada akhir Maret mendatang. Sejumlah sekolah sudah mulai melakukan persiapan, termasuk SMAN I Janapria Lombok Tengah (Loteng).

Kepala SMAN I Janapria H. Wildan mengaku, dalam beberapa minggu kedepan, pihaknya sudah fokus pada pemantapan mental siswa, dalam menyambut pelaksanaan UNBK.

“Semua persiapan sudah kita lakukan, dan pada bulan Februari ini, kami akan fokus pada persiapan mental siswa itu sendiri,” katanya diruang kerjanya, Selasa (12/02).

Lanjutnya, mengingat ujian dengan menggunakan Komputer ini baru pertama siswa kami ikuti, sehingga memantapkan mental mereka dinilai sangat penting.

Sehingga nantinya, ketika ujian berlangsung, mereka sudah percaya diri, dalam mengikuti ujian tersebut dan karakter mereka, sudah benar-benar siap melaksanakan ujian.

“Memang ketika mereka masih duduk di SMP/MTs, mereka juga pernah mengikuti hal yang sama, namun karena itu sudah cukup lama, sehingga meningkatkan mental mereka, dinilainya sangat penting,” ungkapnya.

Dikatakan, persiapan di luar pemantapan mental, sudah dilakukan jauh sebelumnya. Kendati demikian, pihaknya juga akan melakukan hal yang sama, sebut saja seperti try out.

Untuk tryout, pihaknya merencanakan akan dilakukan pada minggu ke tiga bulan Februari ini. Dimana dalam tryout kali ini, soal yang akan disuguhkan, dari kisi-kisi UNBK sebelumnya.

“Tryout yang soalnya dari pelajaran, sudah kita lakukan, dan pada minggu ke tiga bulan ini, kami juga akan mengadakan hal yang sama, namun kali ini soalnya dari kisi-kisi UNBK,” paparnya.

Ditambahkan, dilihat dari jumlah siswa yang akan ditamatkan sebanyak 145, pihak sekolah membutuhkan 53 unit. Namun saat ini komputer yang dimiliki sebanyak 41 dan kekurangan sekitar 12 unit. Kendati demikian, pihaknya sedang mengupayakan dan Optimis beberapa kekurangan tersebut, terpenuhi sebelum pelaksanaan UNBK berlangsung.

Selanjutnya masalah server, sekolah memiliki server sebanyak 5 buah. Sedangkan kebutuhan saat ini sekitar 3 server, 2 server utama dan 1 cadangan. “Pada intinya, baik segi mental ataupun sarana dan prasarana sekolah dalam menyambut UNBK kami benar -benar sudah siap,” yakinnya. (ap)

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or