PASKIBRAKA Kabupaten Lombok Timur Dikukuhkan Bupati Sukiman

PASKIBRAKA Kabupaten Lombok Timur Dikukuhkan Bupati Sukiman

 

Lombok Timur SR – Sebanyak 32 orang Pasukan pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Kabupaten Lombok Timur dikukuhkan Bupati H.M.Sukiman Azmy yang ditandai pemasangan gendit di Pendopo Bupati, Jum’at malam (16/08/2019).
Acara pengukuhan dihadiri Forkopomda, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas dan Badan lingkup Pemda Lombok Timur, Camat, Para Pelatih, serta orang tua Anggota Paskibraka.
Bupati H.M. Sukiman Azmy mengucapkan selamat kepada anggota Pakibraka Lombok Timur. Menurutnya Paskibraka adalah putra-putri yang telah mendapatkan kepercayaan dan kehormatan untuk mengemban tugas membanggakan, membawa dan mengibarkan Sang Saka Merah Putih.
“Seluruh masyarakat Lombok Timur berharap Paskibaraka dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Upacara bendara pada peringatan HUT Kemerdekaan RI secara simbolis dan secara hakiki meletakan Sang Saka Merah Putih pada tempatnya yang terhormat,” tandasnya.
Bupati juga merujuk Tema HUT RI ke-74 tahun ini yaitu SDM Unggul, Indonesia Maju. Menurutnya calon Paskibraka merupakan bagian dari SDM unggul serta berdaya saing yang diharapkan mampu membawa Bangsa dan Negara ini ke arah kemajuan, mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Indonesia sebagai muara akhir perjuangan.
“Karena itu pula kualitas SDM terus menjadi salah fokus pembangunan,” katanya.
Sukiman juga memaparkan bahwa Lombok Timur saat ini tengah memerangi stunting yang dampaknya dapat menurunkan tingkat intelegensia hingga sepuluh poin. Penurunan tersebut tentu mengancam kualitas SDM. Kaitannya dengan itu Bupati mengajak semua pihak termasuk remaja, pemuda anggota Paskibraka Lombok Timur sebagai role model/ contoh bagi semua pemuda di daerah ini.
“Kalian harus siap menjadi duta yang mempromosikan sikap serta perilaku positif dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku hidup bersih dan sehat, jauhi Narkoba, belajar dengan sungguh-sungguh yang bermakna tidak hanya belajar di bangku sekolah, melainkan belajar dalam laboratorium besar bernama masyarakat,”pesannya.
Bupati juga menyampaikan selamat kepada para orangtua yang telah mendidik dan memberikan yang terbaik, juga membentuk pribadi serta karakter anggota Paskibraka ini. Tak lupa Sukiman menyampaikan terimakasih kepada panita, utamanya para pelatih yang telah berbagi ilmu dan pengalaman, menggodok anggota Paskibraka ini, mempersiapkannya untuk menjalankan tanggung jawab dan amanah yang tidak ringan.
Di sisi lain Bupati menyadari apa yang diberikan Pemda saat ini masih tidak seimbang dengan sumbangsih kepada daerah. Ke depan Sukiman berjanji akan memberikan reward kepada para Paskibraka yang telah menjalankan tuganya dengan baik.
Pengukuhan dilaksanakan setelah dilakukan pemantapan, pelatihan dan pembinaan selama 12 hari di pusat pelatihan Wisama Haji Selong. Paskibraka yang meupakan bagian dari generasi muda ini telah dipastikan memenuhi persyaratan seperti memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, idealisme, patriotisme, mempunyai harga diri serta mempunyai wawasan yang luas, kokoh keperibadianya, memiliki kesegaran jasmani, kreasi, serta dapat mengembangkan kemandiran, kepemimpinan, dan kepeloporan. (Hms/vin)

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or