Resep Puding Kelapa Muda Super Lembut : Panduanibu

Resep Puding Kelapa Muda Super Lembut
Share ke Facebook Share ke Twitter

Ide membuat puding kelapa muda ini berawal dari tante saya yang membuat puding kelapa a la Thai (Thailand) saat arisan keluarga beberapa waktu lalu. Puding Thai yang menurut saya lebih tepat disebut agar-agar kelapa ini memiliki warna yang cantik yaitu berwarna putih dengan lembaran-lembaran daging buah kelapa muda di dalamnya. Semakin unik akan tampilannya, karena puding buah kelapa tersebut dicetak dalam wadah yang terbuat dari tempurung kelapa yang telah dihilangkan kulit serabutnya.

Tempurung kelapa utuh yang berisi puding lembut tersebut kemudian dibungkus dengan plastik wrap dan disajikan dalam kondisi dingin. Ehmm, nyummi rasanya sangat kenyal, manis, segar dengan citarasa aroma air kelapa yang khas. Menurut saya puding kelapa khas Thailand ini lebih tepat disebut dengan agar-agar kelapa.

Kenapa begitu? Karena setahu saya puding ala Thai terbuat dari tepung beras dan tepung maizena yang dimasak bersama santan dan gula. Puding kelapa muda ala Thai pun memiliki teksture yang lembut, halus layaknya Puding Puyo Lava Lumer alias puding sedot (pudot) dan lebih berlemak karena ada penggunaan santan kental di dalamnya. Kalau saya tidak salah ada juga kreasi dessert lainnya dari buah kelapa yang disebut Rice Cocopandan Recipes ala Thailand yang sangat populer di sana.

Namun puding ala Thai dan puding kelapa muda yang akan saya bagikan kali ini sama-sama lezatnya. Hanya saja puding kelapa ala saya yang saya sebut puding kelapa ala Indonesia ini lebih mudah dibandingkan puding Thailand sana. Untuk harga yang dimiliki puding ala Thai pun tak bisa dibilang murah karena jika dihitung dari bahan yang digunakan, porsinya pun tidak terlalu besar. Mungkin yang membuat mahal adalah tempurung buah kelapa yang digunakan.

Anyway, puding a la Thai ini menginspirasi saya untuk mencoba membuatnya sendiri. Jika di lihat dari rasanya, saya tahu bahwa air kelapa merupakan bahan utama untuk membuatnya. Kurang lebih dari dua butir kelapa beserta daging buahnya yang lembut pun saya gunakan untuk membuat puding kelapa muda ini. Tak lupa juga sebungkus bubuk agar-agar nutrijel kelapa muda untuk menunjang rasanya agar semakin mantap.

Cara membuat puding kelapa muda tentu saja sangat super duper mudah. Layaknya proses ketika akan membuat olahan kreasi puding lainnya. Yaitu dengan memasak bubuk nutrijel bersama air kelapa dan bersama bumbu lainnya kemudian masak dengan api kecil sampai adonan puding mendidih. Baru deh masukkan serutan daging buah kelapa muda kedalamnya. Tunggu hingga set dan mengeras, jika perlu masukkan ke dalam kulkas agar rasanya semakin nendang dan lumer di mulut ketika di makan.

 

Wowkeh, bagi yang penasaran dan ingin mencoba lezatnya puding kelapa muda ala saya. Yuk mari di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Puding Kelapa Muda seperti berikut ini. Cekidot

Step By Step Membuat Puding Kelapa Muda

Bahan-bahan Puding :
Nutrijel kelapa muda 1 bungkus
Santan kara 65 mili liter
SKM putih (susu kental manis) 1 sachet
Air kelapa muda 635 mili liter (kalau tidak ada bisa pakai air biasa tapi rasanya kurang mantap)
Gula pasir 100 gram (bisa disesuaikan dengan selera, bisa dikurangi atau ditambahkan)
Daging buah kelapa mudah serut secukupnya

Topping / Taburan :
DCC (Dark cooking chocolate) serut secukupnya (jika suka)
Cara Membuat Puding Kelapa Muda :
Langkah pertama masak air kelapa bersama gula pasir dan bubuk nutrijel. Jangan lupa gunakan api kecil saja, aduk-aduk sampai setengah mendidih kemudian tambahkan santan, aduk pelan lalu terakhir tambahkan susu kental manis. Masak sampai mendidih, lalu matikan api.
Setelah uap panas hilang masukkan daging buah kelapa, aduk rata.
Kemudian masukkan adonan puding kedalam cetakan, setelah dingin masukkan ke dalam kulkas.
Sajikan dingin dengan diberi taburan serutan coklat, jika suka.
Yuhuuu, mudah bukan membuat puding yang lezat dari olahan buah kelapa segar ini? Selain dinikmati sebagai dessert setelah makan utama atau makan besar. Puding ini juga enak loh jika disajikan es puding kelapa muda KW caranya gampang banget, bunda bisa kerok pakai serutan atau potong kotak-kotak kecil puding kelapa muda ini lalu tambahkan sirup cocopandan merah atau hijau sesuai selera dan gula merah (gula jawa) juga oke. Agar lebih mantap bisa ditambahkan lagi air kelapa muda dan beberapa potongan es batu jadi kaya es doger ya.

Oh iya, tahukah bahwa air kelapa itu rendah akan kalori, bebas lemak dan kolesterol? Nah menurut WebMD, selain manfaat tersebut air kelapa juga mengandung potassium yang lebih tinggi dibandingkan dengan pisang dan rendah akan sodium. Satu ounce atau 28,3 gram air kelapa mengandung 5,45 kalori, 1,3 gram gula, 61 mg potassium, 5,45 mg sodium jika dibandingkan dengan minuman berenergi seperti Gatorade yang mengandung 6,25 kalori, 1,75 gram gula, 3,75 mg potassium, dan 13,75 mg sodium.

Selain itu air kelapa juga mampu membantu tubuh kita tetap terhidrasi jika dikonsumsi setelah melakukan olah raga dibandingkan dengan minuman sport umumnya. Air kelapa yang segar juga mengandung elektrolit. Seperti diketahui bahwa elektrolit diperlukan oleh sel tubuh untuk membawa sinyal listrik (electrical impulses) antar sel atau dengan sel lainnya. Ketika kita melakukan olah raga berat maka tubuh akan kehilangan sebagian elektrolit – terutama pottassium dan sodium – melalui keringat dan harus segera digantikan. Dan air kelapa ini selain berperan untuk menggantikan kedua elektrolit tersebut sekaligus juga menambah kalsium dan magnesium.

Nah itulah bahan-bahan, cara membuat dan sedikit pengetahuan tentang puding buah kelapa. Bagimana bun, berniat membuat Resep Puding Kelapa Muda Super Lembut May Star alias puding coconut ini dirumah. Semoga sesuai selera yaa

Monggo di share bunda, semoga bermanfaat. Terimakasih

Sumber :