Sumum Nahkodai Kwarcab Pramuka Loteng

Sumum Nahkodai Kwarcab Pramuka Loteng
LOMBOK TENGAH SR – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Lombok Tengah (Loteng) H Summum, dilantik sebagai ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Loteng. Pelantikan tersebut dipusatkan di Mencingah Adi guna Praya Loteng, Kamis (9/3).
Pantauan Suara Rinjani, dalam pelantikan tersebut, dihadiri oleh seluruh pengurus pramuka mulai dari tingkat ranting hingga kwartir. Usai pelantikan, sejumlah siswa yang berhasil ditingkat Nasional, juga memperagakan kebolehannya, mulai dari SMPN I Batukliang, MTsN I Loteng MAN I Loteng dan MTs Putri Al Khaeriyah NW Rajak Desa Sukaraja Kecamatan Praya Timur Loteng.
Dalam pidatonya, PLT Bupati Loteng Lalu Pathul Bahri mengaku bangga terhadap prestasi yang telah diukir anggota pramuka Loteng. Sebab tanpa usaha dan bimbingan kakak kakak senior, tentunya anggota pramuka tidak akan mampu mengharumkan nama baik daerah, baik Loteng ataupun NTB.
“Saya atas nama pemerintah Loteng, berhutang budi kepada para kakak kakak yang telah meluangkan waktunya memberikan bimbingan kepada generasi penerus bangsa, yakni anggota pramuka Loteng,” sebutnya.
Gerakan pramuka merupakan pendidikan non formal, yang tidak bisa dipisahkan dengan pendidikan formal. Sebab kendati pramuka bagian dari pendidikan non formal, namun mampu mencetak generasi yang handal. Memiliki kecerdasan yang tinggi, mental yang kuat dan memiliki karya bakti yang tinggi.
Para pendiri pramuka, mulai dari presiden pertama Indonesia yakni Ir Soekarno dan sejumlah pejuang lainnya, telah mampu mempertahankan kemerdekaan. Sebab keberadaan pramuka, sejalan dengan kemerdekaan Indonesia.
Besarnya pengaruh pramuka terhadap kemerdekaan Indonesia, besar harapannya agar keberadaan pramuka harus terus diupayakan menjadi lebih maju. Sebab dengan kemajuan zaman dan tekhnologinya, pihaknya tidak menginginkan, nilai nilai keperamukaan tergerus. Sehingga pihaknya mengharapkan, dibawah kepengurusan H Summum, Pramuka di Loteng semakin maju.
“Saya yakin dengan pengalaman dan kemampuan H Summum, selaku ketua Kwartir gerakan pramuka di Loteng semakin maju,” yakinnya.
Sementara itu ketua kwartir gerakan pramuka Loteng H Summum mengatakan, kepercayaan yang diberikan, tentunya ini bagian dari amanah yang harus ia jalankan. Dengan kebersamaan, pihaknya akan mengupayakan menjadikan gerakan pramuka di Loteng, terus berkibar.
Sebab dalam beberapa event, keperamukaan Loteng tidak pernah ketinggalan menoreh prestasi, adapun salah satu cara untuk menggaungkan pramuka di Loteng, pihaknya akan merapatkan dan mengumpulkan semua pengurus inti.
Selanjutnya akan membuatkan program, apakah itu program yang belum dicetuskan ataupun program yang sedang berjalan, semuanya akan di hidupkan. “Program lama kita akan genjot biar lebih maksimal, ide ide baru yang beripat membangun, kami gali dari tim tim inti,” ujarnya. (AP/Adv)

 

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or