Pemda Kab. Loteng Siapkan Aplikasi Jitu Kinerja ASN

Pemda Kab. Loteng Siapkan Aplikasi Jitu Kinerja ASN

Lombok Tengah SR – Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah,Propinsi NTB saat ini tengah dipersiapkan sejenis perangkat atau unit aplikasi cukup jitu (efektif) terkait bagaimana mengetahui pola dan hasil kinerja semua Aparatur Sipil Negeri (ASN).
Pemda Kab. Loteng sedang melakukan sebuah persiapan guna merancang sebuah perangkat atau unit aplikasi cukup canggih tentunya dengan menggunakan system (berbasis) komputer. Nantinya unit aplikasi tersebut pun akan dapat membantu mempermudah pejabat tertinggi di setiap instansi untuk mengetahui seperti apa kinerja keseharian sejumlah pegawainya yang juga sudah diketahui berstatus ASN, sekaligus dalam hal pimpinan di daerah pun akan bisa cepat merespon atau menyikapi kondisi kinerja masing – masing ASN di instansi terkait.
“Kini sedang dipersiapankan sekaligus belum lama ini sudah dirancangnya sebuah perangkat atau unit aplikasi dirasa cukup jitu oleh Pemkab. Loteng terkait terhadap persoalan kejelasan dan kepastian hasil dari kinerja sehari – hari seluruh ASN yang bisa dengan mudah dan gampang diketahui melalui aplikasi tadi,” kata Sekertaris Daerah (Sekda) Pemda Kab. Loteng, HM. Nursiah S. Sos,diruang kerjanya, Selasa (13/03).
Lanjut Sekda, tujuan utama penggunaan aplikasi itu nantinya adalah sebagai landasan untuk melakukan bentuk dan bahan evaluasi dari karakter motivasi kerja setiap ASN di lingkup Pemda Kab. Loteng yang berhasil ditemukan melalui unit aplikasi ini.
Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Loteng tanpa terkecuali lanjutnya, setiap harinya punya tugas dan fungsi masing – masing di instansi, sehingga penggunaan aplikasi penting diterapkan di daerah. Perangkat saat ini tengah kita persiapkan dan sudah masuk ke tahap sedang dirancang semaksimal mungkin ini oleh ASN umumnya disebut aplikasi “E – Kinerja”.
Insha Alloh, dengan adanya aplikasi E – Kinerja ini nanti akan dapat diketahui kepastian hasil kerja dari seluruh PNS di Loteng sebenarnya seperti apa, apakah baik atau malah sebaliknya ada yang memang tidak terlalu berkompeten,” jelas Sekda lugas.
Kembali ditegaskan, aplikasi E – Kinerja nantinya tidak hanya sebatas digunakan pimpinan pejabat di setiap instansi saja melainkan aplikasi inipun tanpa terkecuali harus dan wajib digunakan setiap PNS. Mengingat semua PNS dalam hal mengelola melaksanakan tugas dan fungsinya masing – masing dari mereka sudah tentu sudah memiliki menejeman kerja, sehingga setiap PNS pun akan bisa langsung memasukan (mengentry) seluruh data – data menyangkut hasil kegiatan kerja mereka setiap harinya melalui Aplikasi E – KInerja.
 “Aplikasi E – Kinerja  dirancang terhubung langsung dengan Handphone (Hp) khususnya jenis Android. Sebab itu setiap ASN diinstansi manapun di Loteng tentu akan memasang atau memiliki aplikasi ini di Hp mereka, kalau tidak maka akan rugi sendiri dkarenakan mereka tidak bisa mengetahui serta mengentry langsung seluruh data hasil kerja mereka,” tegasnya meyakinkan.
Semisal pengentrian aktifitas terhadap kehadiran PNS dalam pelaksanaan upacara bendera, datang di kantor tepat waktu atau terlambat, mulai melakukan tugas jam berapa, mengikuti pertemuan (rapat) atau tidak hingga menaati jam pulang kerja tepat waktu, dan lain sebagainya menyangkut disiplin kerja. Penilaian Pemda Kab. Loteng dalam hal aplikasi inipun begitu sangat dirasakan sekaligus berharap agar secepatnya aplikasi E – Kinerja bisa digunakan ASN Loteng.
Selain alasan perintah penggunaan terhadap aplikasi yang memang telah tercantum dalam ketentuan Undang – undang (UU) ASN, juga bertujuan agar bisa cepat terwujud bentuk kedisiplinan sekaligus menumbuh kembangkan motivasi kerja semua ASN lebih baik dan maksimal lagi di masing – masing insatnsi dimiliki Pemda Kab. Loteng.
“Laporan data yang dientry bisa kita lihat capaian kerja PNS, jika ternyata ada hasil kerja PNS tidak sesuai pencapaian persentase hasil kerja pembayarannya, tentu berimbas pula terhadap pemotongan Tunjangan Kerja Daerah (TKD) nya. Yang jelas apa saja dilakukan setiap hari selama jam kerja kita ketahui. Tujuan dan maksud penting penggunaan aplikasi kita sangat harapkan kedepannya Insha Alloh bisa total tercapai pemenuhan kedispilineran, motivasi, serta pencapaian pelaksanaan tugas dan fungsi kerja ASN dengan target 100 persen.” harapnya.
Terakhir tidak lupa disampaikan Sekda, rutin dalam waktu satu kali dalam seminggu hasil laporan yang diterima dalam aplikasi pun akan diupayakan untuk direspon semaksimal mungkin. bagi yang malas akan dibina dan yang rajin akan diberikan apresiasi.   
Saat ini aplikasi berbasis komputer (E- Kinerja, Red) yang berisikan lebih banyak mencakup data – data murni laporan hasil kerja dan temuan – temuan tidak bisa dibohongi (dimanipulasi) ASN, juga aplikasi akan digunakan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) inipun kini sedang dipersiapkan dan aplikasi dirancang langsung petugas dari pihak Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kab. Loteng. (ang)

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or