Majukan Sektor Pendidikan, Program INOVASI Jadi Andalan

Majukan Sektor Pendidikan, Program INOVASI Jadi Andalan

LOMBOK TENGAH SR- Memajukan pendidikan, menjadi salah satu prioritas utama Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Tengah (Loteng), menjadikan daerah yang bermottokan “Tatas Tuhu Trasna” menjadi lebih maju dan sejahtera.

Sebagai bentuk keseriusan Pemda Loteng, didunia pendidikan berbagai macam upaya dan terobosan sudah dilakukan. Dan tidak sedikit keberhasilan yang sudah mampu diukir.

Pada hari Kamis lalu, pemkab Loteng mendapatkan kunjungan dari Kementrian Pendidikan republic Indonesia dan Perwakilan Pemerintah Australia. Dalam kunjungan tersebut di pusatkan di ruang rapatutama Bupati Loteng.

Kunjungan tersebut dalam rangka memantau secara langsung perkembangan, Implementasi Program INOVASI di sekolah, yang ada di Loteng, yang masuk dalam program inovasi itu.

Dalam sambutannya, Sekertaris Daerah (Sekda) Loteng, HM. Nursiah mengatakan upaya Pemda dalam rangka mencerdaskan anak bangsa, tidak ada henti hentinya dilakukan.

Melalui dinas pendidikan Loteng, pemda terus mendorong agar pendidikan di Loteng terus semakin maju.

Selanjutnya kedatangan Kemendikbud RI dan perwakilan Pemerintah Australia di beberapa sekolah yang ada di Loteng. diantaranya ke SDN 1 Kopang, SDN 1 Gemel dan SDI Al- Ma’arif, membawamanfaat banyak bagi kemajuan dan perkembangan dunia pendidikan di Loteng.

Dikatakan, program INOVASI merupakan salah satu langkah strategis dalam memajukan sebuah pendidikan, termasuk di Loteng. Sesuai arahan pemerintah pusat, Pemkab telah melaksanakan berbagai program, salah satunya dengan mengadakan Temu INOVASI beberapa waktu yang lalu dengan para guru.

Dalam temu INOVASI tersebut ada beberapa hal yang berhasil dicetuskan, dan itu menjadi salah satu kiat kiat untuk membangun pendidikan, baik pendidikan formal  ataupun informal.

“Memajukan pendidikan, baik melalui Formal maupun Informal, itu sangat penting. Jika dua hal ini digerakkan, insyaallah prestasi dibidang pendidikan tentunya akan semakin baik,” sebutnya.

Dikatakan, pemda Loteng telah menganggarkan anggaran yang cukup besar bagi pendidikan, baik untuk memenuhi kelengkapan pendidikan sarana dan prasarana, Studi Banding dan yang lainnya.

Beberapa program dan langkah yang telah dilakukan pemkab, tentunya bertujuan memajukan pendidikan di Loteng.

 “Pemkab juga berterima kasih kepada Kemendikbud dan lebih khusus perwakilan pemerintah Australia yakni Mr. Mark Heyward yang mewakili INOVASI.
kami berjanji untuk terus melaksanakan program Inovasi. Atas petunjuk Bupati, kami akan terus berkomitmen untuk melanjutkan program Inovasi dalam memajukan dunia pendidikan ini,” ungkapmantan Camat Praya Timur ini.

Sementara itu Mr. Mark Heyward dalam sambutanya mengaku, bangga atas keberhasilan pemkab Loteng dalam melaksanakan program Inovasi. Hal ini pihaknya bisa membuktikan, dari temuan yang dilihatnya secara langsung di lapangan.

Dalam pelaksanaanya terdapat hasil yang bisa membuka wawasan bagi para guru, peluang inilah kedepan untuk bisa membuka dunia pendidikan yang ada di Loteng bisa semakin maju dan berkembang.

 “Sewaktu melakukan kunjungan ke SD I Mangkung saya melihat langsung bagaimana guru baik yang semakin maju wawasan berpikirnya untuk mengajar. Kedepan dengan adanya sinergitas ini maka diharapkan dunia pendidikan bisa semakin maju dan berkembang,”ujarnya.

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Loteng H. Summum mengaku berterimaksih atas penilaian yang telah diberikan tim Kemendigbud dan dari Australia. Dari beberapa hasil yang diberikan tersebut, tentunya ini akan menjadi spirit baginya dan pemerhati pendidikan di Loteng.

Insyaallah beberapa kekurangan, pihaknya akan mengupayakan untuk diperbaiki, selanjutnya beberapa keberhasilan yang telah dicapai, akan ia pertahankan dan bila perlu ditingkatkan. (AP /ADV)

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or