Iklim Wisata Di Loteng Diklaim Kian Membaik

Iklim Wisata Di Loteng Diklaim Kian Membaik

MSQ: Sengketa Lahan, Harus Diselesaikan Bila Perlu Bentuk Tim Penyelesaian

LOMBOK TENGAH SR- Nama Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) semakin dikenal banyak orang, mulai dari tingkat bawah hingga pejabat tinggi.
Nama kabupaten yang bermottokan Tatas Tuhu Trasna ini, terkenal tidak lepas dari pemandangan wisatanya yang indah, dan hal ini membuat para investor dan wisatawan datang.
Untuk menjaga marwah tersebut, Ketua Komisi II DPRD Loteng M Samsul Qomar, berinisiatif, iklim wisata yang sudah mulai membaik ini agar terjaga dengan baik.
Selanjutnya persoalan sengketa lahan, antara pihak ITDC dengan masyarakat harus segera diselesaikan. Sebab jika ini terus dibiarkan, marwah yang baik akan rusak dan ini akan berakibatkan patal bagi daerah, utamanya pariwisata dan masuknya investor ke Loteng.
“Baiknya pemerintah segera membentuk tim penyelesaian sengketa lahan, sebab jika ini dibiarkan berlarut larut, marwah yang sudah baik akan rusak,” katanya Selasa (17/4).
Saran ini lanjutnya, mengingat hingga saat ini masih ada klaim dan pemagaran yang dilakukan warga di lahan milik ITDC.
“Tim penyelesaian sengketa itu perlu dibentuk lagi. Karena sampai saat ini masih saja ada permasalahan,” tandasnya.
Selain itu lanjutnya, jika ini tetap terus terjadi, ini bisa mengakibatkan para wisatawan dan investor ketakutan, sehingga apa yang direncanakan pemerintah kedepannya, bisa gagal. Sebab lokasi yang mereka tuju untuk menanamkan saham tidak aman.
“Kalau sudah tidak aman, otomatis mereka mikir masuk ke Kuta, terutama para investor,” ungkapnya.
Selanjutnya terkait aksi, sudah jelas mereka (masyarakat) memiliki dasar yang kuat. Karakteristek masyarakat kami sangat taat pada hukum, jadi tidak mungkin mereka berani mengakui lahannya kalau tidak memiliki legalitas yang kuat.
“Lagian jika mereka sudah menerima pembayaran, malu lah mereka pagar tanah itu,” tutupnya. (AP)

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or