Dipastikan Dokter Heru Mukti Pamungkas Diganti

Dipastikan Dokter Heru Mukti Pamungkas Diganti

LOMBOK TENGAH SR- Dalam pemberitaan sebelumnya, di duga pasien meninggal di Puskesmas Ganti Kecamatan Praya Timur Lombok Tengah (Loteng), itu disebabkan sang Dokter. Selaku penanggung jawab, absen laksanakan tugas dan sering kali memberikan pelayanan melalui telepun.
Akhirnya mendapatkan sanksi tegas. Kepala Dinas Kesehatan Loteng H Omdah mengatakan, dokter tersebut sedang dicarikan penggantinya. “Kami sedang mencari pengganti Dokter Heru Mukti Pamungkas,” katanya, Rabu (14/3).
Menggantikan dokter yang sehari hari bertugas di Puskesmas Ganti tersebut, dilakukan berdasarkan adanya laporan dari pihak Puskesmas dan di media masa. Kalau dokter tersebut jarang masuk dan sering kali memberikan perawatan melalui handpun.
“Secara tertulis kami sudah menerima usulan penggantian, lebihnya lagi ini sudah masuk ke media masa,” ujarnya.
Menggantikan sang dokter lanjutnya, tentunya pihaknya harus hati hati untuk memilih dan menempatkan pengganti, sebab pihaknya tidak menginginkan keluhan masyarakat kembali terjadi.
Sejauh ini, pihaknya masih melakukan pendataan nama nama dokter, tentunya pihaknya akan mengupayakan dokter yang lebih dekat dengan puskesmas Ganti, biar jarak tempuhnya tidak terlalu jauh.
“Dokter Heru informasinya bolak balik dari Ampenan ke Puskesmas Ganti, kalau dilihat dari jarak tempuh, cukup jauh dan ini juga menjadi bahan pemikiran,” ungkapnya.
Dikatakan, alasan pak dokter terkait memberikan pelayanan melalui ponsel, itu benar adanya dan tidak menyalahi aturan, sebab pasien yang minta di tangani itu diluar jam aktif. Artinya diluar jam tugas.
Sebab secara aturan, tugas dokter itu dimulai dari jam 07 sampai jam 12, lebih dari itu bukan tugas wajib namun tugas tambahan, jadi boleh tidak masuk. “Ada benarnya pak dokter memberikan alasan menangani pasien via ponsel, sebab ketika tim turun, karyawan minta penanganan diluar jam tugas, jadi wajar. Tapi jarak tempuh dan usulan ini juga harus kami sikapi,” bebernya. (AP)

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or