Meriahkan HUT Lobar, Pertanian  Buka Event Farmers Family Gathering

Meriahkan HUT Lobar, Pertanian  Buka Event Farmers Family Gathering

Lombok Barat SR – Pemerintah Daerah Lombok Barat (Lobar) melalui Dinas Pertanian dan Peternakan  menggelar Farmers family gathering atau hari besar keluarga petani se- Kabupaten Lobar bersama petani. Acara yang dibuka PJS Bupati H.L Saswadi tersebut, juga dikhajatkan untuk silaturrahmi sekaligus memeriahkan HUT Lobar yang ke- 60.
Acara yang dikemas santai ini, diisi dengan aneka lomba serta dirangkaian senam massal dan kegiatan lainnya, yang diikuti  sekitar seribu lima ratus orang dari kalangan petani serta pejabat lingkup setempat.
PJS Bupati H.L Saswadi mengatakan, farmes family gathering ini adalah ramah tamah pemerintah Daerah dengan masyarakat dan kalangan petani, ini dimaksudkan untuk bisa mendekatkan hubungan silaturrahmi dengan siapapun terlebih kepada petani kita yang ada.
“Kita galang silaturrahmi saja dengan para petani, sekaligus dalam kesempatan ini ikut  mendorong dan memotivasi mereka untuk tetap semangat dalam bekerja,” ujarnya Kamis 5-4 kemarin.
Acara ini juga lanjut Saswadi, untuk mendukung dan partisipasi dalam rangka menyambut serta memeriahkan HUT Lobar yang ke-60. Semoga di ulang tahunnya yang bertambah ini, Pemda Kab. Lobar menjadi maju, mandiri dan bermartabat.
“Terima kasih Pak Kadis sudah menyelenggarakan kegiatan ini. Dinas Pertanian selaku leading sector harus terus melakukan kegiatan semacam ini. Selain tentunya melalui berbagai penyuluhan dan sebagainya, bersama-sama bekerja untuk meningkatkan swasembada pangan dari hasil-hasil pertanian yang ada di Kabupaten Lombok Barat,” ungkapnya.
Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan H.Muhur Zokhri mengatakan, hari ini sebagai hari Farmers Family Gathering sekaligus mendukung dan partisipasi dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun Lobar yang ke- 60, yang diisi dengan berbagai aneka lomba yang diikuti sekitar ribuan petani diseluruh Lobar.
Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mendorong semangat dan motifasi para petani kita untuk lebih dapat meningkatkan kerja lapangan mereka. Pelaksanaan kegiatan inipun menjadi kegiatan tahunan yang memang sudah sejak beberapa tahun lalu.
“Kami bersama keluarga besar Dinas Pertanian dan para petani se-Lombok Barat ingin memeriahkan HUT Kabupaten Lombok Barat yang ke-60, sekaligus bersilaturrahmi,” katanya.
Silaturahmi semacam ini mendapat apresiasi dari Saswadi. Dengan begitu para petani dan stakeholder terkait akan semakin erat untuk dapat menjalin hubungan emosional yang lebih dekat.
Rangkaian hari besar ini juga kata Muhur, Dinas pertanian memberikan dan menyerahkan langsung secara simbolis bantuan Bibit Cadangan Nasional, terhadap sejumlah kelompok tani yang lahannya mereka terkena dampak  banjir. Sedangkan untuk Lobar, hanya dua kelompok saja yakni di Gerung dan Lembar, kurang lebih sebanyak seratus hektar.
“Pemerintah hanya menyediakan bantuan benih sebanyak 25 Kilo perhektar. Jumlah itu merupakan standar satu hektar hanya 25 kilo benih padi,” tandasnya.
Dari pantauan koran ini, Kemeriahan acara bertambah saat Pjs Bupati H. L. Saswadi membagikan hadiah bagi pemenang yaitu lomba  Penyuluh Pertanian PNS, penyuluh Pertanian Swadaya Teladan, THL-TBPP teladan, Petani Berprestasi, Kelompok Tani Berprestasi, Gapoktan Berprestasi, Kelembagaan Ekonomi Petani dan Balai Penyuluhan Kecamatan Berprestasi. (Wan/Adv)

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or