Jaga dan Ciptakan Kondusifitas Wilayah, Saswadi Sambangi Tokoh

Jaga dan Ciptakan Kondusifitas  Wilayah, Saswadi Sambangi Tokoh

Lombok Barat SR – Langkah PJS Bupati H.L Saswadi sepertinya tidak pernah berhenti untuk terus menjaga kondusifitas Daerah Kabupaten Lombok Barat. Langkah ini dirangkainya dengan kerap menjalin silaturahmi dengan berbagai elemen yakni tokoh agama, tokoh masyarakat dan semuanya.

Meski baru ini dia menyempatkan  diri bersilaturrahmi dengan ketiga pasangan calon bupati yang akan berlaga di Pilkada Serentak 2018 Juni mendatang, namun inisiasinya  mengemban Misi mulia tersebut, tidak berhenti sampai disitu saja akan tetapi,  diapun mengunjungi para Kepala Desa dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Lombok Barat.

Silaturrahmi ini sengaja dilakukan Saswadi untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, untuk dapat menyampaikan secara langsung tugas pokoknya dalam Pilkada selaku Pjs Bupati.

Para Kepala Desa dan Ketua BPD se-Kecamatan Lingsar dan Narmada menjadi yang pertama dikunjungi Saswadi. Kunjungan dilakukan di Kantor Camat Lingsar pada hari Rabu 28 Februari 2018. Selanjutnya, pada tanggal 1 Maret, Saswadi bertemu dengan para Kades se-Kecamatan Batulayar dan Gunungsari di Aula Kantor Camat Batulayar. Kemudian di tanggal 6 Maret Saswadi bertemu dengan para Kepala Desa se-Kecamatan Gerung, Lembar dan Sekotong. Kantor Camat Kuripan menjadi yang terakhir dikunjungi Saswadi. Di tempat itupun Saswadi bertemu dengan para Kepala Desa se-Kecamatan Kuripan, Kediri dan Labuapi.

Kepada para Kepala Desa yang ditemuinya, Saswadi kerap mengajak untuk mensukseskan jalannya Pilkada yang saat ini sudah memasuki masa kampanye.

“Mari kita sukseskan Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dengan penuh tanggungjawab,” himbaunya.

Terkait dengan tahapan Pilkada yang saat ini sudah memasuki tahapan kampanye, maka sesuai arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menko Polhukam, Men PAN-RB, dan KPK maka Pjs maupun Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Daerah diminta untuk menfasilitasi Pilkada agar berlangsung sukses.

“Konflik dan permasalahan sekecil apapun bisa segera dituntaskan,” ujar Saswadi.

Sepuluh hari setelah kunjungannya ke para Kepala Desa, saat itu tepatnya pada tanggal 17 Maret 2018, Saswadi melanjutkan silaturahmi Pilkada Damai-nya ke para tokoh agama dan tokoh masyarakat. Roadshow dimulai dengan mengunjungi para tuan guru di Kecamatan Kediri, yakni TGH. Muchlis Ibrahim Pimpinan Pondok Pesantren Al Islahudiny dan TGH. Ahyani Muktar, Pimpinan Pondok Pesantren AL Muktariyah Bangket Dalem Kediri. Esoknya, Saswadi bertemu dengan TGH. Safwan Hakim, Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri Selatan di Kediamannya.

Kepada para tuan guru, Saswadi meminta agar upayanya menghadirkan kondusifitas di daerah selama gelaran Pilkada dapat disampaikan ke para jamaah dan masyarakat.

TGH. Safwan Hakim yang merupakan tokoh agama kharismatik dan juga Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Hakim menyambut baik ajakan tersebut. “Para Pimpinan Pondok Pesantren, Ulama’, dan Tokoh Masyarakat adalah perekat umat,” ujarnya.

Ketua Majelis Ulama’ Indonesia (MUI) Lobar ini pun memberikan contoh kebijakan yang ada di PP. Nurul Hakim yang dipimpinnya. “Kita tidak ingin berjarak dengan semua pihak dengan mengambil posisi mendukung salah satu calon. Kita ingin membangun silaturrahmi dengan semua calon,” tegas Tuan Guru Safwan.

Berselang dua hari dari lawatannya ke kediaman TGH Safwan, Saswadi mengunjungi TGH Muzahar Pimpinan Ponpes Darunnadwah Dasan Ketujur Desa Mesanggok dan TGH. Ahmad Zubaidi Abd Napis, Pimpinan Pondok Pesantren Al Muslimun NW Kebon Konggok Desa Suka Makmur Gerung.

Roadshow kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi TGH. Hasanain Juaini Pimpinan Ponpes Nurul Haramain Narmada, Sabtu 24 Maret dan diakhiri hari ini (26/3/2018) dengan mengunjungi TGH Ahmad Munajib Al Khalidi Pimpinan Ponpes Al Halimy Sesela Gunungsari. Apa yang diharapkan Saswadi terkait kondusifitas Pilkada disambut baik oleh TGH. Hasanain. Dirinya dengan tegas mengatakan siap untuk membantu mengarahkan masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama gelaran Pilkada.

“Insya Allah kita bantu pemerintah dalam mensukseskan pemilukada aman dan damai,” tegas TGH. Hasanain. (Wan)

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or