Komoditi Holtikultura KLU Perlu Digenjot

Komoditi Holtikultura KLU Perlu Digenjot

Lombok Utara SR- Sebagai daerah tujuan wisata utama di Nusa Tenggara Barat,kebutuhan holtikultura seperti sayur mayur untuk hotel dan restauran di kawasan tiga gili dan kawasan lain di Lombok Utara harus di datangkan dari luar daerah.
“Mayoritas hotel dan restauran di Lombok Utara untuk kebutuhan holtikultura masih bergantung dari daerah lain seperti dari Lombok Timur,”kata Bupati Lombok Utara H.Najmul Akhyar SH.MH pada saat penyampaian LKPJ APBD 2017 pada sidang paripurna beberapa waktu yang lalu.
Padahal lanjut Najmul,Lombok Utara dikenal juga sebagai daerah yang subur yang sangat memungkinkan untuk di kembangkan  berbagai macam komoditi holtikultura.
Oleh karena itu dalam rangka  pemenuhan komoditas kebutuhan perhotelan maupun pasar tradisional, untuk saat ini memang masih bergantung di Lombok Timur.sehingga untuk menekan dominasi tersebut sangat perlu adanya terobosan inovasi baru .

“Kita optimis bila sektor ini garap secara serius perlahan tapi pasti semau kebutuhan holtikultura dapat kita penuh sendiri,”imbuhnya.
Untuk itu dinas terkait agar menyusun formolasi yang baik dengan melibatkan semua steacholder kompeten,sehingga tidak butuh waktu lama untuk mewujudkan kemandirian di bidang holtokultura tersebut,”tambahnya.
Sementara itu salah seorang pemilik hotel di Gili Meno Zaenal mengaku bahwa kebutuhan sayur mayur yang di beli lebih banyak dari Lombok Timur,Lombok Barat dan kota Mataram.
“Seharusnya kebutuhan seperti ini bisa di kembangkan di Lombok Utara,tinggal bagaimana Pemda memfasilitasi para petani dengan memberikan pemberdayaan dengan tehnologi yang tepat saja,”katanya penuh harap.(ndk).

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or