Dinas Sosial Dompu akan Rehabilitasi PSK

Dinas Sosial Dompu akan Rehabilitasi PSK

Dompu,  SR – Dinas Sosial Kabupaten Dompu Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan membiayai rehabilitasi terhadap sejumlah Pekerja Seks Komersial (PSK) yang beroperasi di kafe-kafe, hotel, dan homstay di daerah setempat.

Rencananya, ini akan di upayahkan Bupati Dompu H Bambang M Yasin, yang akan dibuatkan S .sebagai langkah awalpada bulan April mendatang sebagai bentuk awal program kami dari dinas sosial.

Sekertaris Dinsos Drs Abdul Haris, mengatakan kepada Suara Rinjani, melalui telepon seluler, Rabu (14/03) bahwa pihaknya akan melakukan rehabilitasi PSK secara bertahap dan berkesinambungan. “ Mungkan kita membiayai untuk dibina sekaitar lima orang saja dulu,”nya.

Terkait rencana tersebut, Dinas Sosial terlebih dahulu akan membentuk tim penjaringan yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), Kepolisian dan TNI. Pihak Dinsos sudah mengantongi sejumlah data tentang tempat transaksi sek komersial ini.

“Nanti operasinya dilaksanakan secara mendadak saja,” ungkap Haris

Menurutnya, ada peningkatan jumlah penyakit sosial yang bernama PSK dan penderita penyakit HIV AID di Kabupaten Dompu. Penyakit ini tentu saja pengantarnya adalah para PSK ini. Karenanya, tahun anggaran 2018 ini dipastikan akan dilakukan rehabilitasi kepada mereka. “Baru tahun ini kami punya anggaran untuk rehabilitasi PSK, tahun sebelumnya tidak ada,” jelas Haris

Menjawab pertanyaan wartawan soal jumlah PSK yang beroperasi di Dompu, Sekretaris Dinas Sosial mengaku tidak mengetahui pasti tentang jumlah PSK yang beroperasi di Kabupaten Dompu. “Susah untuk memastikan jumlah mereka, terlebih dengan canggihnya zaman, transaksi sek bisa dilakukann secara online, sehingga sangat sulit dipantau” ujarnya.

Sejauh ini para sek komersial perlu dibina oleh Dinas Sosial akan memberikan bimbingan atau pembinaan terhadap penjaja nafsu birahi tersebut.

“Sekarang banyak di tempat-tempat yang tersembunyi seperti desa-desa terpencil juga berlangsung penjajakan sek itu,”pungkasnya. (mul)

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or