Capai Target, Kementrian Pertanian Optimalkan Pemanfaatan Alsintan

Capai Target, Kementrian Pertanian Optimalkan Pemanfaatan Alsintan

Dompu SR – Kegiatan monitoring dan evaluasi optimalisasi pemanfaatan Alat Mesin Pertanian (alsintan) yang dilakukan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten  Dompu yang dihadiri Dirjen Kementrian Pertanian, pada Kamis pekan lalu, di Aula, kantor Dinas setempat dihadiri Kapala Balai Penyuluh Pertanian (BPP), UPTD, Kodim 1614,  Dompu.
Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten  Dompu Ir. H Fahrurrazi, kepada Suara Rinjani, usai kegiatan mengatakan kehadiran Dirjen Pertanian PSP, dalam rangka pemanfaatan Alsitan secara optimal dan meningkatkan hasil  usaha produktifitas pentane.
Dirjen Pertanian melalui team monitoring dan vasilitator alsintan Ir.Rahmanto M. Si., mengungkapkan bahwa  kebijakan kementerian pertanian pusat maupun dari Dinas Pertanian Propinsi NTB.  Begitu banyak bantuan untuk alsintan yang diberikan pada masyarakat petani untuk kelompok tani.
“Keinginan dari kementrian pertanian bahwa alsintan dimanfaatkan secara optimal karena menghabiskan anggaran besar dan dipergunakan sebaik baiknya,  karena kalau tidak di manfaatkan dengan baik, maka ini akan menjadi bahaya, sebab rugi negara ini,” ungkapnya.
Lanjutnya, kami di sini ditugaskan dari Kementrian Pertanian untuk memantau pelaksanaan Alsintan yang diberikan ke masyarakat petani  pada 2015, 2016, 2017, di Kabupaten Dompu.
“Dalam bentuk kegiatan Alsintan, mulai sekarang di berikan mekanisme pelaporan harian kondisi alsintan seperti apa, pemanfaatannya seperti apa,” jelasnya.
Keinginan capaian dari Kementrian Pertanian memberikan bantuan dengan capain target- target untuk masyarakat petani harus mampu mengelola tanah satu musim tanam 1unit roda dua hantrakto 30 ha. roda empat 35 ha. Combain 60 ha. satu musim tanam.
Adapun pengalokasian alsintan ini melalui kelompok tani dengan tujuan untuk meningkatkan produktifitas hasil petani,  dimana alsintan itu dimonitor pemanfaatan dan capaian target.
“Sesuai kebijakan dari Kementrian  Pertanian melalui masyarakat petani dengan bantuan alsintan dimanfaatkan dengan sebaik – baiknya ,”pungkasnya. (Mul)

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or