Desa Rarang Selatan Fokus Pembangunan Fisik

Desa Rarang Selatan Fokus Pembangunan Fisik

Desa Rarag Selatan, terus gencar lakukan pembangunan infrastruktur. Sebelumnya, tahun 2017 membangun jalan Poros Tengah yang tembus ke Lombok Tengah, sehingga mempersingkat waktu  tempuh yang relative singkat yaitu  15 menit.  Kini, tahun 2018 mengnggarkan untuk Rabat, WC dan Penataan RTLH (Rumah  Tidak Layak Huni).  Seiring dengan   itu secara berimbang pemberdayaan pun dilakukan dengan menganggarkan pembinaan kepada Kelompok.   Karang  Taruna.  Sebagaimana disampaikan Kades Rarang  Selatan, Kamis (22/3) yang lalu kepada awak Suara Rinjani.

 Lombok Timur, SR –  Tahun 2018 ini, Desa Rarang Selatan menggarkan untuk pembangunan infrastrktur yang menyentuh kepada penataan lingkungan perkantoran, rabat gang, pembangunan WC sebanyak 60 unit dan penataan Rumah Tidak Layak Huni  (RTLH) sejumlah 18 unit.  Hal ini menjadikan Desa Rarang Selatan sebagai bagian  dari Kecamatan Terara  yang menjalankan program STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

Maryun, Kepala Desa Rarang Selatan, mnyampaikan bahwa, perencanaan pembangunan dalam tahun 2018 ini merupakan kelanjutan dari program pembangunan sebelumnya. Kata dia, infrastruktur dan pemberdayaan diprogramkan dengan secara berimbang, sehingga pembangunan yang menyentuh kepentingan masyarakat Desa Rarang Selatan dapat berjalan baik dan lancar sebagaimana yang disusun dalam  Musrenbangdes.

Untuk tahun 2018 ini, pembangunan infrastruktur diarahkan juga kepada penataan lingkungan Kantor Desa sehingga tampil lebih ASRI, menarik dan nyaman. Dengan demikian berpengaruh juga kepada kondisi lingkungan kerja dengan kondisi penataan lingkungan Kantor yang rapi, bersih dan indah. Pada bagian depan Kantor Desa ditata sedemikian rupa dengan pemasangan label nama untuk beberapa lembaga di tingkat desa seperti alnya : BPD, Karang Taruna, PKK dan lainnya.

Maryun lebih jauh, untuk pembangunan rabat gang, nantinya akan menghubungkan antara gang yang satu dengan gang yang lainnya serta lebih memudahkan akses yang menghubungkan antar RT dan Dusun dalam wilayah Desa Rarang Selatan bahkan juga memudahkan akses kepentingan dengan Desa sebelahnya yaitu Desa Embung Kandong. . “Dengan demikiann masyarakat akan merasakan nyaman menggunakan jalan di setiap gang dan RT di samping mempercepat akses dalam melakukan aktivitas keseharian sebagai petani, pedagang dan lainnya,” katanya.

Dengan kondisi infrastruktur yang ditata sedemikian rupa akan membawa dampak positif bagi tumbuh-berembangnya kegiatan pembangunan secara menyeluruh, akan menjadikan dan terbukanya banyak akses kepentingan antar desa yang satu dengan desa yang lain.”Sebagai contoh, dalam tahun 2018 ini akan dibuat SMKN  Pertanian Terara yang berlokasi di Desa Embung Kandong”  ujar Maryun.

Sementara itu, lanjut Maryun, program pemberdayaan dilakukan dengan peningkatan kapasitas SDM melalui Karang Taruna, PKK dan para kader lainnya. “Lewat Karang Taruna.  kita lakukan pengembangan kapasitas SDM berupa pelatihan-pelatihan, pengembangan potensi para pemuda yang pada gilirannya nanti bermanfaat dalam mengolah dan mengelola potensi SDA yang sesungguhnya melimpah di Kecamatan Terara Lotim (rdi).

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or