307 Milyar Untuk Pembangunan Desa di Lombok Timur

307 Milyar Untuk Pembangunan Desa di Lombok Timur

Lombok Timur SR – Ada 239 Desa di Kabupaten Lombok Timur (Lotim). Untuk penyelenggaraan Pembangunan Pedesaan. Pemerintah meggelontorkan dana sejumlah 307 miliar untuk Kabupaten Lotim. Adalah jumlah total yang terdiri atas DD, ADD dan dana perimbangan pajak.
Demikian disampaikan Kadis PMD (Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Lotim, Drs Juaeni Taufik, M.Ap, saat memberikan sambutannya pada kesempatan Pengukuhan/Pelantikan Perangkat Desa Toya Kecamatan Aikmel beberapa waktu lalu.
Lanjutnya, jika dirata-ratakan maka, setiap desa dapat memperoleh > 1 milyar pertahun. Menurutnya, kondisi masing-masing desa tidaklah sama, secara geografis, topografi, dan kependudukan adalah hal yang membedakannya. Pemerintah pusat lewat Kemndes PDTT (Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi) dan diterbitkannya UU No.6 tahun 2014 tentang Desa telah memberikan keleluasan untuk mengolah, mengelola, dan memanfaatkan potensinya masing-masing. Kepala desa memiliki ide/gagasan untuk mengelola dan memanfaatkan dana pembangunan yang ada, menyusun konsep renstra dalam melakukan akselerasi pembangunan di desa yang dipimpinnya. Pembangunan yang berimbang (Infrastrktur dan pemberdayaan) dengan menghadirkan ide/gagasan yang inspiratif, inovatif dan tepat guna adalah hal yang sangat diharapkan ke depan.
“Karena itu, tidak menutup kemungkinan adanya wilayah pedesaan yang mampu memperoleh dan meningkatkan pendapatan asli desa (PADes) hingga miliaran rupiah,” terang Juaeni Taopik, sembari menambahkan adanya desa yang mamu mendatangkan hingga 4 miliaran dalam setahun, seperti desa-desa yang ada di Kecamatan Pringgabaya,” sambungnya.
Juaeni Taufik lebih jauh mengapresiasi, adanya desa lain yang berani menganggarkan hingga Rp. 500 juta untuk program pemberdayaan sebagaimana yang dilakukan Desa Kembang Kuning Kecamatan Montong Gading. Desa Kembang Kuning telah mengembangkan Eknomi Kreatif, sehingga mampu meningkat PADes dan meningkatnya perekonomian masyarakat yang semakin makmur dan sejahtera. “Kemendes PDTT pun memberikan penghargaan kepada Desa Kembang Kuning,” ungkapnya.
Menurut Taufik, dengan dukungan potensi SDM yang ada seperti halnya perangkat desa yang handal, kesempatan meraih keberhasilan untuk diri, masyarakat, desa dan daerah Lotim, akan semain cepat terwujud. (Kus).

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or