Lebih Dekat dengan Cabup HM Sukiman Azmy “Antara Dunia Militer, Politisi dan Da’i”

Lebih Dekat dengan Cabup HM Sukiman Azmy “Antara Dunia Militer, Politisi dan Da’i”

Lombok Timur SR – HM Sukiman Azmy meniti karirnya di dunia militer TNI AD bahkan pria kelahiran Desa Rumbuk Kecamatan Sakra Lombok Timur, pada tanggal 30 Mei 1957 ini pernah pulang kampung menjadi Komandan Kodim 1605/ Selong 2004.
Sukiman Azmy adalah lulusan Fakultas Da’wah IAIN Walisongo dan kemudian pada tahun 1982 melanjutkan pendidikan di Sekolah Perwira Wajib, dan tahun 2002 menyelesaikan pendidikan S2 di Program Magister Manajem Universita Trinandra, Jakarta.
Selama menjadi prajurit TNI AD adalah beberapa jabatan yang pernah diembannya mulai menjadi sebagai Perwira Bintal di Korem 031/ Wirabima tahun 1983 serta tahun 1985 dipromosikan sebagai Kepala Penerangan Korem 031/Wirabima, kemudian ditempat yang sama tahun 1989 diangkat sebagai Kepala Bintal Korem 031/Wirabima, dan setelah itu tahun 2000 di tarik ke Mabes TNI AD sebagai Kepala Bagian Umum Disbintal AD dan kemudian menjadi Dandim 1605/Selong Lombok Timur pada tahun 2004.
Dan tahun 2005 HM Sukiman Azmy, ditugaskan di lingkungan Kementerian Agama RI dengan jabatan yang disandangnya sebagai Kepala Biro Umum Setjen Kementerian Agama, kemudian sebagai Kepala Operasi Arofah Mina dan Ketua Tim Pemondokan Haji tahun 2005 – 2008.
Pada tahun 2008 beberapa tokoh masyarakat Lombok Timur mengharapkan dia pulang kampung untuk ikut Pilkada Lotim tahun 2008 dengan berpasangan dengan HM Syamsul Lutfi dan akhinya terpilih menjadi Bupati Lombok Timur dengan mengalahkan calon incumbent Moch Ali Bin Dahlan.
Selama menjadi Bupati Lombok Timur periode 2008 – 2013 ada beberapa berapa prestasi yang tidak bisa dilupakan oleh masyarakat Lombok Timur diantanya adalah melakukan pemekaran desa dan mengalihkan eks pelanggan Koperasi Listrik Pedesaan ( KLP) Sinar Rinjani Lombok Timur, menjadi pelanggan PT PLN.
Saat menjabat Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy mulai bersentuhan dengan partai politik dengan ditunjuknya dia sebagai Ketua Dewan Pakar DPC PKS Lombok Timur dan terakhir sebagai Ketua Pembina Partai Gerindra, Lombok Timur.
Dan hal yang menarik dari sosok HM Sukiman Azmy, adalah dimana pun dia ditugaskan baik saat aktif di militer maupun saat memimpin Lombok Timur dia tidak lupa keliling kampung untuk memberikan pengajian ajaran Agama Islam kepada masyarakat bahkan lewat media dakwah ini dapat digunakan untuk menyampaikan pesan pembangunan.
Kemampuannya sebagai seorang da’i ini dia dapatkan saat menjadi santri di Pondok Pesanteren NW Pancor dan kemudian dilanjutkan di Fakuktas Dakwah IAIN Walisongo Semarang.
Suami dari Hajjah Hartatik ini dikenal sebagai orang yang hidup sederhana meski pernah menjadi orang nomor satu di Lombok Timur. Ajaran agama ditanamkan pada diri dan kekuarganya sehingga lingkungan keluarga yang agamais terlihat dalam kehidupannya. (tim)

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or