Samai level Maradona, Messi Harus Menangi Piala Dunia

Samai level Maradona, Messi Harus Menangi Piala Dunia

Olahraga SR – Apes betul jadi Lionel Messi. Sudah dapat banyak gelar pun tetap tidak bisa lari dari beban dan tuntutan.

Kalau mau jujur, apa, sih, yang kurang dari Messi? Skill mumpuni, gelar juara pun segudang. Kalau orang-orang butuh bukti sehebat apa dirinya, Messi tinggal kasih unjuk deretan gelar itu plus video-video gol dan skill-nya yang bertebaran di YouTube.

Namun, ceritanya tentu berbeda kalau bicara dari sisi rakyat Argentina. Ya, dari sederet epos akan kehebatan Messi, tidak ada satu pun yang tercurah untuk Argentina. Deret kehebatan Messi itu hanya untuk dirinya sendiri dan klubnya, FC Barcelona.

Bersama Argentina, Messi masih nihil gelar. Empat tahun silam, ia hanya bisa terdiam melihat para pemain Jerman mengangkat trofi Piala Dunia. Trofi itu dekat keberadaannya, tetapi ia tidak bisa menyentuh apalagi mengangkatnya.

Bagi Argentina, Messi masih punya utang yang teramat besar. Utang tersebut baru lunas jika Messi bisa mempersembahkan gelar juara bagi negaranya.

Jadi, ketika Piala Dunia sudah di depan mata, pembicaraan mengenai Messi dan gelar internasional itu muncul kembali. Dengan usia yang sudah hampir 31 tahun —Messi berulang tahun di bulan Juni—, boleh jadi ini kesempatan terakhirnya mengantarkan Argentina menjadi juara dunia.

Lalu, muncul perbandingan dengan pemain hebat Argentina lainnya: Diego Maradona. Sama seperti Messi, Maradona juga melegenda. Bedanya, kendati gelar juaranya bersama klub tak semewah Messi, ia mampu membawa ‘Tim Tango’ menjadi juara pada Piala Dunia 1986.

Tuah Maradona di Piala Dunia itu tertuang dalam dua wajah: kepahlawanan dan kontroversi. Gol Tangan Tuhan-nya adalah dosa, tapi golnya ke gawang Inggris —di mana dirinya melewati sejumlah pemain— adalah ekstase.

Ya, jika Messi cenderung datar-datar saja sebagai manusia, Maradona adalah enigma. Selain itu, masih ada gelar Piala Dunia. Hal-hal inilah yang membedakan keduanya.

“Messi selalu dibanding-bandingkan dengan Maradona. Namun, untuk bisa selevel dengan Maradona, dia harus memenangi Piala Dunia,” ujar eks pelatih Timnas Argentina, Carlos Bilardo, seperti dilansir Marca.

“(Meski begitu) mereka punya kans bagus. Messi harus diberi kebebasan. Jangan beri dia beban untuk ikut bertahan,” lanjut Bilardo.

Di Rusia 2018, Argentina ditempatkan di Grup D. Bersama mereka, tergabung Islandia, Kroasia, dan Nigeria. Tidak ada negara jagoan Eropa di sini. Namun, melihat Islandia bisa tampil mengejutkan di Euro 2016 dan Nigeria impresif selama kualifikasi zona Afrika, bisakah Argentina melewati jegalan mereka?

Sumber : KumparanNEWS/BOLA

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or