Hasil MotoGP Argentina 2018, Diwarnai Insiden Marquez dengan Rossi

Hasil MotoGP Argentina 2018, Diwarnai Insiden Marquez dengan Rossi

Pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow, memenangkan balapan penuh drama dan kontroversi pada seri balap MotoGP Argentina di Autodromo Termas de Rio Hondo, Argentina, Minggu (8/4/2018). Salah satu drama terjadi antara Marc Marquez dan Valentino Rossi. Drama pada balapan ini sebenarnya terjadi sudah sebelum start dimulai. Race director sempat menunda balapan selama beberapa saat karena masalah keamanan. Balapan pun kembali tertunda setelah hampir seluruh pebalap mengganti ban mereka ke tipe slickpada saat-saat terakhir sebelum race dimulai. Hanya Jack Miller (Pramac Racing) yang tidak melakukannya karena membuat keputusan yang tepat.
Mengacu pada regulasi kejuaraan, para pebalap yang meninggalkan grid harus start dari posisi paling belakang. Alhasil, baris terdepan hanya diisi oleh Miller sementara pebalap lainnya berada empat baris di belakangnya. Drama kembali berlanjut beberapa saat sebelum pebalap melakukan start. Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengalami mogok seusai pemanasan dan mendapat instruksi untuk start dari dari pitlane. Namun, Marquez tidak mematuhi peraturan tersebut dan memaksa start bersama pebalap lainnya. Petaka langsung dialami oleh Dani Pedrosa (Repsol Honda) pada lap pertama. Johann Zarco (Yamaha Tech3) yang mencoba menyalip dari sisi dalam memaksa Pedrosa sedikit melebar sehinga terjatuh dari motor saat mencoba kembali ke posisinya. Pada lap ke-6 Marquez terpaksa masuk ke pitlane karena mendapat penalti akibat tindakannya sebelum start.

Marquez yang awalnya memimpin balapan harus rela turun ke posisi ke-20. Namun, pebalap Spanyol tersebut bergerak cepat untuk memperbaiki posisinya. Drama kembali terjadi pada lap ke-20 ketika Marc Marquez menabrak Valentino Rossi (Movistar Yamaha) untuk merebut posisi keenam. Marquez yang mencoba menyalip Rossi dari sisi dalam tikungan 13, justru melebar sehingga mendorong Rossi keluar dari trek. Valentino Rossi terjatuh dari motornya. Dia pun harus kembali memulai perjuangannya dari posisi ke-19 dan tertahan di posisi tersebut hingga finis. Karena kecelakaan tersebut, Marc Marquez mendapat penalti 30 detik. Sebelumnya itu, Marquez juga membuat manuver berbahaya saat mencoba menyalip Aleix Espargaro (Aprilia Racing). Sementara itu persaingan seru justru terjadi di barisan terdepan yang diisi oleh Jack Miller, Johann Zarco, Cal Crutchlow (LCR Honda), dan Alex Rins (Suzuki Ecstar). Keempat pebalap tersebut terpaut jauh dari pebalap di belakangnya sehingga persaingan podium teratas hanya terjadi di antara mereka. Persaingan empat pebalap ini akhirnya dimenangi oleh Cal Crutchlow. Pebalap tim satelit Honda tersebut mampu mengatasi perlawanan sengit dari Johann Zarco hingga tikungan terakhir sebelum garis finis. Johann Zarco harus puas dengan posisi runner-up pada balapan GP Argentina dan diikuti oleh Alex Rins serta Jack Miller. Sementara Marc Marquez yang mendapat penalti harus rela posisinya melorot dari urutan ke-5 menjadi urutan ke-18.  (KOMPAS.com)

 

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or