Tim Irjen Inspektoral Kemanag RI Lakukan Pembinaan

 

Mataram SR – Rabu (14/3) bertempat di Aula Lantai IV Kanwil Kemenag Provinsi NTB.Tim Audin Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia melakukan sosialisasi pelaksanaan audit kinerja tahun anggaran 2017 lingkup Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat, kepada Kasubag TU dan Operator Keuangan Kemenag Kabupaten/Kota se Pulau Lombok dan kepada Kepala Madrasah beserta Operator Keuangannya Kabupaten/Kota se Pulau Lombok.
Sosialisasi Pelaksanaan Audit Kinerja ini digelar dalam rangka pendampingan sebelum BPK turun mengadakan audit kinerja tentang pertanggungjawaban penggunaan anggaran negara, Semoga dengan pendampingan atau sosialisasi audit kinerja oleh Irjen Kemenag RI ini, Audit Kinerja kita bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. “Kalau hasilnya lebih baik maka dampaknya akan menjadi lebih baik kepada kita semua,” kata Kabag TU Kanwil Kemenag NTB H. Sirojudin dalam kata pengantarnya.
Dalam arahannya, Inspektorat Jenderal Kemenag RI Wilayah IV Moh. Agus Salim menyampaikan bahwa Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah salah satu Provinsi yang akan diaudit kinerjanya oleh Badan Pemeriksa Keuangan. “Kami datang di Nusa Tenggara Barat ini bukan untuk mencari kesalahan, namun kami datang untuk memperbaiki temuan-temuan yang ada pada pertanggungjawaban keuangan Bapak Ibu,” tutur Moh. Agus Salim mengawali arahannya.
Moh. Agus Salim datang ditemani beberapa Tim Irjen Kemenag RI, disamping penjelasan problematika yang sering menjadi temuan, juga akan memaparkan tentang bagaimana dan apa-apa saja yang harus diperbaiki dan dilengkapi dalam dokumen pertanggungjawaban agar dalam pemeriksaan pertanggungjawaban keuangannya nanti bisa menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.
Lanjutnya, selain kurangnya pemahaman terhadap perundang-undangan, juga tentang disiplin Pegawai yang masih rendah, Sumber Daya Manusia yang masih kurang dan terbatas, kompetensi pegawai yang masih rendah, pembinaan pimpinan/atasan langsung yang masih minim dan lemahnya pengawasan internal. “Ini problematika yang selalu menjadi kendala pada satuan kerja Kementerian Agama,” tegasnya.
Salah satu Tim Irjen Kemenag RI Hj. Titik sangat berharap kepada seluruh peserta Sosialisasi Audit Kinerja ini untuk menyamakan menset kita bahwa kedatangan kami (Tim Irjen, Red.) bukan untuk mencari kesalahan, tapi untuk meluruskan hal-hal yang masih kurang sempurna, harap Hj. Titik dalam penyampaian materinya. “Kami hadir dalam rangka melakukan pembinaan,” tegasnya singkat. (fen)

 

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or