Sederhana, Siswi MTsN 5 Loteng Buat Cairan Hand Senitizer Atasi Corona 

Sederhana, Siswi MTsN 5 Loteng Buat Cairan Hand Senitizer Atasi Corona 
Lombok Tengah SR-  Ditengah mewabahnya Corona/Covid-19, siswi MTsN 5 Lombok Tengah (Loteng), yang beralamatkan di Desa Saba Kecamatan Janapria Loteng, malah melahirkan cara baru untuk melumpuhkan penyebaran virus mematikan tersebut.
Dengan menggunakan alat sederhana, sejumlah siswi dari MTsN 5 Loteng, mampu membuat cairan penghancur virus dan membuat jamu untuk kekebalan tubuh. Cairan penghancur Covid-19 dan jamu kekebalan tubuh tersebut dibuat dari bahan alami dengan cara sederhana.
“Kemarin kami keluarga besar MTsN 5 Loteng, bersama guru dan siswa telah membuat cairan yang berasal dari bahan alami, untuk kita jadikan bahan dalam membuat Hand Senitaizer dan membuat jamu untuk kekebalan tubuh di tengah Pandemi Covid-19,” kata Kepala MTsN Loteng Nasruddin Mansur MPd,” sabtu (11/04).
Adapun bahan alami yang digunakan dalam membuat cairan Hand Senitaizer dan penyemprotan disinfektan diantaranya, Lidah buaya. Alkohol, Daun Sirih dan Jeruk Nipis termasuk sabun batang lalu di cairkan.
Selain cairan Hand Senitaizer, siswa juga telah membuat resep jamu penguat imun atau untuk kekebalan tubuh, dengan bahan diantaranya, Kunyit, Jahe, Serei, Asam Jawa, Gula jawa (gula merah).
“Yang jelas mulai dari pencegahan dengan menggunakan cairan Hand Senitaizer, sudah kita buat dengan menggunakan bahan sederhana dan bahan alami. Termasuk kekebalan tubuh juga kita sudah buatkan jamu, dan bahannya juga sederhana dan bahan alami,” bebernya.
Selanjutnya, setelah pembuatan selesai, pihak sekolah telah mempersiapkan bahan atau alat berupa botol kecil layaknya Hand Senitaizer seperti yang ada di luar sana.
Botol-botol tersebut, diisi dengan beberapa bahan yang sudah menjadi bahan cair, selanjutnya itu di tuangkan dan di sebarkan kepada masyarakat yang membutuhkan termasuk untuk ibu guru dan siswa sendiri
“Setelah jadi, kami dari sekolah sudah mempersiapkan banyak botol, selanjutnya botol tersebut di isi dan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan dan untuk guru serta siswa sendiri,” bebernya.
Dikatakan, apa yang ia lakukan ini sebagai salah satu langkah membantu pemerintah dalam mengusir  Covid-19, khususnya di Loteng.
 “Kami dari lembaga pendidikan, untuk membantu pemerintah dalam mengusir virus ini tidak memiliki biaya. Makanya dengan cara sederhana tanpa melupakan khasiatnya, kami dengan cara sendiri telah membuat cairan Hand Senitaizer dan jamu kekebalan tubuh, selanjutnya itu kita bagikan ke masyarakat,” tutupnya.
Sementara itu guru pembina Baiq Lilik Hidayati mengaku, apa yang ia lakukan bagian dari pembelajaran kepada siswa. Selain itu, di tengah Pandemi virus Corona  sebagai seorang pendidik harus mampu melahirkan ide baru, sehingga virus mematikan ini tidak berkembang dan tidak berpengaruh bagi kehidupan sehari hari.
“Iya yang namanya guru, selalu berfikir apa yang harus dilakukan, apalagi saat ini kita sedang dihadapkan dengan musibah penyebaran virus Corona. Guru harus menjadi garda terdepan ciptakan solusi, makanya kami dari keluarga besar MTsN 5 Loteng, membuat cairan untuk Hand Senitaizer dan jamu kekebalan tubuh,” jelasnya. (ap)

Share this post