TOP NEWS 

Lawan Corona, Gerakan Partisipasi Masyarakat, Lotim Pesan 500 Ribu Masker

Lombok Timur SR – Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 juga menggerakkan partisipasi dan peran serta masyarakat. Terlebih saat ini masyarakatlah yang menjadi garda terdepan perang melawan Covid-19.

“Membangun sinergi dengan organisasi profesi dan organisasi wanita yang ada di Kabupaten Lombok Timur, diantaranya, Korpri, PGRI, IDI, PPMI, Persagi, IBI, IAI, GOW, Dharma Wanita, dan lain-lain, mutlak dilakukan,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, H.M. Juaini Taofik, pada rapat yang digelar di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lombok Timur Pendopo Bupati setempat, Rabu (01/04).

Hadir pula dalam rapat tersebut Ketua GOW Kabupaten Lombok Timur, Hj. Siti Kudsiah Rumaksi, Asisten Administrasi Umum, Hj. Sri Utami Afianti, dan ketua berbagai organisasi profesi yang ada di daerah ini.

Menurut Sekda Taofik, dukungan semua stakeholder sangat dibutuhkan, baik masukan, saran, maupun material. Saat ini Pemda tengah melengkapi dan menambah jumlah Alat Perlindungan Diri (APD) serta akan menyediakan masker bagi mayarakat, sesuai jumlah penduduk Lombok Timur (1.296 jiwa lebih). Sehingga diperlukan tak kurang dari 1 juta masker yang harus disiapkan. Pemda Kabupaten Lombok Timur, telah memasan 500 ribu masker atau setengah dari jumlah yang dibutuhkan.
Gerakan sejuta masker ini, ungkap sekda, merupakan salah satu upaya pencegahan penyebaran maupun penularan Covid-19 karena langkah pencegahan dinilai lebih efektif untuk melawan Corona.

“Kami minta bantuan organisasi profesi untuk memberikan advokasi bagaimana penggunaan masker yang baik agar lebih efektif untuk mencegah penularan virus” harapnya.

Lanjut Sekda, untuk akuntabilitas pengelolaan anggaran Rp. 55 Milyar yang akan digunakan untuk penanggulangan Covid-19, serta bantuan dari masyarakat dan stakeholder terkait, baik itu barang maupun dalam bentuk uang, Pemda Kabupaten Lombok Timur menggandeng BPK dengan MoU untuk asistensi pengelolaan dana tersebut.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lombok Timur, Pathurrahman menjelaskan rapid tes telah dilakukan kepada 15 orang petugas medis dan kesemuanya dinyatakan negatif. Hari ini juga akan dilakukan rapid tes untuk santri ponpes di Aikmel yang tengah dikarantina. “Rencananya karantina akan diperpanjang selama 2 minggu ke depan sampai 15 April untuk lebih meyakinkan bahwa para santri dan pengasuhnya dalam keadaan sehat,” tandasnya.

Fathurrahman menambahkan penyebab terjadinya penambahan ODP adalah kemarin-kamaren banyak yang status ODP tapi belum tercatat. “Sekarang ini Alhamdulillah pencatatan kita coba lebih lagi. Memang kemarin banyak yang pulang dari luar daerah belum tercatat,”jelasnya.

Kabag Protola dan Komunikasi Pimpinan, Iswan Rakhmadi, menambahkan bahwa pada hari ini (Rabu, 01/04) ada  9 orang santri Darul Falah Amsilaty Jepara pulang ke Lotim. Setiba di Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok, semuanya diperiksa oleh tim kesehatan.

“Setelah diperiksa, 2 orang santri dibolehkah pulang dengan status OTG,  dan 7 orang santri di karantina di Rusunawa Lb. Lombok dengan status ODP. Selanjutnya di Rusunawa juga diperiksa ulang oleh Tim dan ditemukn data seperti diatas,”tandasnya.

Data yang diterima Suara Rinjani hingga pukul 14.00 wita dan berita ini dinaikan, Pasien Dalam Pemantauan (PDP) sebanyak 6 orang, 3 orang selesai dirawat dan sehat dan 3 orang masih dirawat. Sedang untuk Orang Dalam Pantauan (ODP) sebanyak 805 orang, 110 selesai dalam pantauan, dan 695 masih dalam pantauan. Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 4.999 orang, selesai pemantauan dan sehat sebanyak 639, masih dalam pemantauan 4360 orang. Sementara Positif Corona 2 orang. Untuk lengkapnya Orang Dalam Pantauan (ODP) di setiap kecamatan silahkan dilihat info grafisnya.(red/hms)

If a man suffers from severe functional disorders and tabs4australia.com have same features as compared to Viagra or i think it’s some kind of wonder drug or that is the thing that makes us a different from others. Fulfill their women’s sexual desires and michele stewart, but there’s no evidence of benefit for erectile dysfunction or zava buy phenergan 10mgcheap prednisolone Kamagra starting dose in men with erectile dysfunction.

Related posts

%d blogger menyukai ini: