BIZAM Gandeng Dikes Sehatkan Warga Lingkar Bandara

 

Lombok Tengah SR – Bandara Internasional Zainudin Abdul Majid (BIZAM) menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah (Dikes Kab. Loteng) guna menyehatkan warga masyarakat lingkar bandara dengan cara kembali memprogramkan Puskesmas Keliling (Puskesling) ditahun 2020.

Kesepakatan kerjasama program Puskesling ini kembali ditandatangani kedua belah pihak diruang pertemuan utama kantor cabang Angkasa Pura I Bizam, pada Selasa (03/03).

Adanya pemberian pelayanan kesehatan keliling yang dilakukan pihak bandara dengan menggandeng pihak Dikes tersebut, tidak lain adalah merupakan bentuk kepedulian bandara guna ikut meningkatkan kesehatan warga masyarakat yang berdomisili di sekitar lingkar bandara. “Pelayanan kesehatan khususnya untuk para ibu, anak – anak, dan kaum jompo,” kata, General Manager Angkasa Pura I BIZAM, Nugroho Jati.

Lanjut dijelaskan, adapun daerah sasaran program pelayanan kesehatan keliling adalah masyarakat yang berada dalam wilayah operasional empat puskesmas yang berdekatan dengan wilayah operasional BIZAm. Keempat puskesmas yang akan menjadi pelaksana teknis tersebut adalah Puskesmas Sengkol, Puskesmas Penujak, Puskesmas Batujai, dan Puskesmas Batunyala.

Pelayanan kesehatan keliling ini akan dilaksanakan mulai Maret hingga Oktober 2020, dengan target pelaksanaan seminggu dua kali atau delapan kali dalam sebulan. Program kesehatan keliling ini menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan ibu hamil, penimbangan dan pengukuran balita, peningkatan gizi ibu, anak dan wanita hamil resiko tinggi, pemulihan gizi buruk pada ibu dan anak, pemeriksaan gizi, serta pemeriksaan mata dan pengobatan bagi masyarakat umum secara gratis. “Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat secara signifikan bagi masyarakat lingkar bandara. Kegiatan ini juga sejalan dengan semangat untuk mewujudkan SDM unggul Indonesia maju,” jelasnya.

Ditambahkan pihaknya,  sebagai informasi, pelayanan kesehatan keliling merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial Angkasa Pura I kepada masyarakat di sekitar bandara dan telah dilakukan sejak 2011. Kegiatan sosial yang telah dan akan dilaksanakan BIZAM adalah operasi katarak serta pembagian 3000 unit kacamata baca gratis di lima desa dan satu kelurahan di sekitar bandara.

Ditempat yang sama perwakilan dari pihak Dikes Kab. Loteng ketika itu, Kabid Dikes, M. Taqiyuddin SKm, M.Kes,  menyampaikan, jika program yang akan dilaksanakan ini sangat bagus, mengingat terhitung saat ini di Loteng berkisar hanya 80 persen warga masyarakat yang sudah memiliki jaminan kesehatan. “Hasil pendataan indeks kesehatan masih rendah. Harapan kita dengan adanya kerjasama yang baik ini, Insha Alloh nantinya dapat lebih meningkatkan lagi kesehatan warga masyarakat,” ungkapnya. (ang)

Share this post