SUARA DESA 

Ruas Jalan Penghubung Tiga Desa Memprihatinkan

 

Lombok Tengah SR- Ruas jalan yang menghubungkan tiga desa, masing masing Desa Landah, Desa Bilelando dan Desa Semoyang Kecamatan Praya Timur Lombok Tengah (Loteng), nyaris tak bisa dilalui.

Wakil Ketua BPD Desa Landah Kecamatan Praya Timur Loteng Ahmad Hamzan Alwathoni mengatakan, ruas jalan sepanjang 3, 5 yang menghubungkan tiga desa, masing masing Desa Landah, Desa Bilelando dan Desa Semoyang Kecamatan Praya Timur Loteng, tidak bisa dilalui. Sehingga mengakibatkan akses antara tiga desa terputus.

“Jalan alternatif, yang menghubungkan Desa Landah dengan Desa Bilelando serta desa semoyang, nyaris tidak bisa digunakan, dan sudah rusak parah,” katanya, Selasa (03/03).

Selain penghubung, jalan ini juga sudah masuk jalan Kabupaten dan sudah ditetapkan sebagai jalan alternatif menuju wisata Ujung Kelor Dusun Kelongkong Desa Bilelando Kecamatan Praya Timur Loteng.

“Kalau tidak salah, jalan jalan yang sudah berstatus jalan Kabupaten, wajib diperbaiki. Lalu ada apa dengan jalan Kabupaten dan jalan alternatif menuju wisata Ujung Kelor sampai saat ini tidak pernah diperhatikan,” herannya.

Padahal, setiap kali ada pemilihan kepala daerah, jalan tersebut selalu dijadikan sebagai pelampiasan politik, guna meraih simpati masyarakat Desa Semoyang, Landah dan Bilelando.

“Jika sekarang ada calon yang menjual jalan tersebut untuk diperbaiki, jika ia terpilih, kami tidak akan percaya sebab kami sudah jenuh dengan janji itu,” gerahnya.

Selain dijanjiin saat pilkada, setiap Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang), di tingkat Kecamatan selalu ia usulkan bersama tiga utusan dari tiga desa, namun sampai saat ini belum juga diperhatikan.

“Kami tidak akan jenuh untuk menyuarakan agar segera diperbaiki, kendati berulang kali kena php. Pada pelaksanaan Musrembang kali ini, kami juga sudah suarakan untuk yang ke tiga kalinya,” paparnya.

Selain itu lanjut tokoh muda Desa Landah ini, mengawal apa yang diajukan saat Musrembang, pihaknya juga berencana akan melakukan hearing ke kantor DPRD Loteng, dalam hal ini dengan komisi II.

Terpisah anggota DPRD Loteng dapil Praya Timur Pujut Adi Bagus Karya mengakui kalau jalan tersebut merupakan jalan alternatif yang menghubungkan tiga desa. Selain itu jalan tersebut juga sudah masuk jalan kabupaten dan jalan alternatif menuju wisata Ujung Kelor.

“Kalau masalah kelayakan, jalan tersebut sudah layak dan memenuhi persyaratan untuk di hotmik, sebab sudah berstatus jalan kabupaten,” katanya.

Selain sudah jalan kabupeten, jalan tersebut salah satu akses yang paling di lewati oleh para petani, dalam mengurus hasil pertanian mereka, baik petani dari Desa Landah, Semoyang ataupun Bilelando.

Politisi Demokrat yang biasa disapa Bajang Bagus ini menambahkan, atas kelayakan dan manfaat bagi masyarakat, pihaknya akan mengupayakan di parlemen untuk bisa diperbaiki. “Insyaallah bersama masyarakat, kami akan upayakan di parlemen agar jalan tersebut segera di Hotmik,” janjinya. (ap)

Related posts