Muswil IV Daulat Salman Sopian, Nahkodai PW Himmah NW NTB

Muswil IV Daulat Salman Sopian, Nahkodai PW Himmah NW NTB

Lombok Tengah SR – Pimpinan Wilayah (PW) Himpunan Mahasiswa Nahdlatul Wathan (HIMMAH NW) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar Musyawarah Wilayah (MUSWIL) IV, di Hotel Queen Praya Lombok Tengah, Minggu (23/02).
Dalam sambutannya, Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Himmah NW NTB periode 2017-2019, Samsuriadi, M.Pd, Lombok Tengah menjadi pilihan lokasi MUSWIL IV Himmah NW NTB, karena saat ini Loteng merupakan icon nasional bahkan dunia, khususnya di bidang pariwisata. Karenanya, dengan keputusan itu, harapannya kader HIMMAH NW peka dengan tuntutan zaman dan perkembangan teknologi era milenial yang di depan mata, serta sorotan dunia terhadap daerah sendiri, khususnya Lombok Tengah.
“Silakan kepada semua kader untuk melihat bagaimana Lombok Tengah saat ini yang menantang kita untuk siap-siap menjadi orang yang berperan di dalamnya,” ungkapnya.
Ia menambahkan bahwa kader HIMMAH NW harus mempersiapkan diri menghadapi tantangan zaman. “Kalau kita tidak mempersiapkan diri, maka kita akan tergilas oleh zaman,”
Muswil kali ini terjadi perdebatan panjang dan melelahkan dari para peserta Muswil, terutama pada pembahasan bagian kriteria bakal calon (balon) dan calon. Akhirnya hanya satu yang lolos menjadi balon, sekaligus menjadi calon tunggal dengan raihan 43 suara, yaitu Salman Sopian, SE., Sementara empat nama lainnya tidak lolos menjadi balon karena suaranya tidak memenuhi jumlah minimal bakal calon sesuai kesepakatan sidang yaitu 15 suara. Dengan demikian, peserta Muswil kompak mendaulat Salman Sopian, SE secara aklamasi menjadi Ketua Pimpinan Wilayah HIMMAH NW NTB Periode 2020-2023.
Dalam pidatonya, pasca terpilih secara aklamasi, Salman Sopian, mengaku kaget dengan keputusan Musyawwirin yang mengangkat dirinya sebagai ketua Himmah NW NTB. “Saya kaget, benar-benar kaget,” katanya.
Opan, panggilan akrabnya, memaparkan alasan dia kaget.
Pertama, tidak pernah terlintas dalam benak untuk mencalonkan diri, bahkan dirinya sudah menyatakan sikap kepada para Pimpinan Cabang untuk tidak secuilpun berhajat terhadap posisi ketua ini, karena berat, ini posisi berat.
” Tidak pernah ada niat secuil pun untuk jadi ketua, karena ini sangat berat,” tandasnya.
Opan juga mengingatkan bahwa kebersamaan antar kader tidak terhenti sampai terpilihnya ketua pada MUSWIL IV. Justru sebaliknya, lanjut Opan, ini merupakan awal dari kebersamaan dan kekeluargaan dalam perjuangan panjang memajukan HIMMAH NW dan NW tiga tahun ke depan.
“Seperti kita ketahui, HIMMAH NW, bisa bertahan dan besar seperti saat ini, karena rasa kekeluargaan yang menjadi nafas perjuangan para kader dan jangan sampai itu hilang dari kita karena alasan kekalahan dalam MUSWIL ini” pungkasnya.
Acara Muswil Himmah NW NTB ini dihadiri utusan Pimpus Himmah NW, PBNW, utusan Kapolres Loteng dan sejumlah tamu lainnya. (Hin)

Share this post