GPI Tuntut Dikes Sumbawa Soal Mangkraknya Pembangunan Puskesmas Lantung – Ropang

GPI Tuntut Dikes Sumbawa Soal Mangkraknya Pembangunan Puskesmas Lantung – Ropang

Sumbawa Besar, SR – Puluhan massa yang tergabung Gerakan Pembela Islam Sumbawa bersama masyarakat Lantung dan Ropang menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Dinas Kesehatan Sumbawa, Kamis (30/01) lalu.
Sebelum melakukan aksi di depan Dinas Kesehatan Sumbawa massa terlebih dahulu melakukan aksi yang sama di depan Polres Sumbawa sekaligus menyerahkan laporan ke Kepolisian Sumbawa.
Dari pantauan SR mayoritas dari mereka menggunakan sepeda motor dan mereka tiba di depan kantor Dinas Kesehatan pukul 10.20 wita dan langsung memarkirkan kendaraanya di depan halaman kantor Dinas Kesehatan Sumbawa. Sejumlah personel kepolisian Sumbawa, juga mengamankan aksi demonstran tersebut.
Muhammad Taufan atau akrab di sapa Ope selaku Ketua GPI Sumbawa, yang juga Putra asli Lantung, mengungkapkan bahwa aksi demo ini sebagai bentuk tuntutan atas terjadinya gagal konstruksi bangunan atau tidak selesai tepat waktu pembangunan Puskesmas Kecamatan Lantung dan Kecamatan Ropang.
“Saat ini bagunan itu tidak memiliki asas manfaat bagi warga masyarakat setempat,” ungkapnya.
Pembangunan fasilitas kesehatan ini melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi Pemerintah Pusat yang telah mengucurkan 8 paket pembangunan gedung pukesmas yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Sumbawa, dengan total anggaran kurang lebih puluhan milyar rupiah.
“Di antara salah satu gedung dan bangunan ada di wilayah Kecamatan Lantung dan Kecamatan Ropang, hingga batas waktu belum tuntas dikerjakan,” jelasnya.
Lanjutnya, beberapa tuntutan atau pernyataan sikap Ope atau Ketua  GPI Samawa, diantaranya meminta kepada Kapolres Sumbawa untuk memproses hukum pemilik anggaran dan pengguna anggaran, dalam hal ini Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa, PPK, Kontraktor Pelaksana dan Konsultan Pengawas. Meminta DPRD Sumbawa untuk membuat Pansus atas gagalnya pembangunan Puskesmas Kecamatan Lantung dan Ropang. Meminta kepada pemerintah daerah untuk segera menganggarkan kembali kelanjutan pembangunan puskesmas Lantung dan Ropang pada tahun anggaran 2020 mengingat warga masyarakat tidak memiliki fasilitas umum (puskesmas) yang layak huni di Kecamatan Lantung dan Ropang.
Setelah orasi pada aksi demo yang diselengarakan bersama warga masyarakat Kecamatan Lantung dan Ropang di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, tiba – tiba datang seorang ibu (ASN) pada pendemonstran tersebut, entah apa yang membuat sang ibu menghampiri dan mendatangi Ope ketua GPI Samawa lalu bersalaman dan berjabat tangan, dan Ope mengucapkan terimakasi ibu, atas sambutan yang ramah penuh kedamaian., Wartawan Suara Rinjani, mencoba konfirmasi atau klarifikasi kepada pihak Dinas Kesehatan Sumbawa, namun sampai detik ini belum berani menanggapi tentang gagalnya pembangunan proyek Pukesmas Kecamatan Lantung dan Ropang. (nas/bgs)

Share this post