Pengurusan Pelayanan Haji dan Umrah Terlengkap Ada di Loteng

Pengurusan Pelayanan Haji dan Umrah Terlengkap Ada di Loteng

Lombok Tengah SR-  Kantor Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kementerian Agama (Kemenang) Lombok Tengah (Loteng), diresmikan.  Peresmian kantor urusan haji dan umrah terlengkap di NTB, ditandai dengan pemotongan pita oleh PLT Kanwil Kemenag NTB H. Muhammad Amin, Kamis (23/01) lalu.

Kepala Kantor Kemenag Loteng Drs H Jalalusyayuthy mengatakan, pembangunan PLHUT, ini merupakan salah satu cara memberikan pelayanan terbaik dan memuaskan bagi para Calon Jamaah Haji (CJH). Pasalnya, calon jamaah haji itu adalah orang yang dimuliakan oleh allah, sebab sejak terhitung sudah mendaftar, maka jamaah tersebut sudah masuk dalam katagori tamu Allah.

“Saya rasa kita semua sudah tau bagaimana mulianya, tamu Allah. Oleh sebab itu mulianya tamu tersebut, harus diperlakukan dengan baik,” katanya.

Dengan telah terbangunnya kantor terpadu atau PLHUT ini, tentunya segala urusan haji, mulai dari mendaftar, cek kesehatan, membuat paspor, manasik haji dan yang lainnya. Semuanya sudah ingklut di tempat, dan tidak lagi harus berputar kesana kemari, untuk mengurus urusannya.

“Sekarang mengurus haji sangat mudah, semua pasilitas ada ditempat. Artinya jamaah tidak lagi harus keluar masuk ke kantor lain, sebab semuanya sudah lengkap di PLHUT,” ungkapnya.

Dikatakan, bangunan PLHUT ini bukan hanya tempat mengurus administrasi, kesehatan dan yang lainnya, namun di lantai dua, juga sudah di siapkan tempat melakukan manasik haji, tempat diberikannya pemahaman syarat rukun fardu pelaksanaan haji dan yang lainnya. “Bangunan  PLHUT ini dua lantai, lantai dasar khusus mengurus administrasi, sedangkan di lantai dua aula sebagai tempat manasik,” paparnya.

Jalal menambahkan, untuk banguan kantor terpadu atau PLHUT ini, di NTB hanya ada di Loteng dan di Indonesia baru ada 26 dari 34 provinsi ada pelhut. “Kita termasuk Provinsi istimewa, yang memiliki pasilitas lenhlap dalam mengurus ibadah haji,” ujarnya.
Sementara itu Plt. Kanwil Kemenag NTB HM. Amin MM MPd mengatakan, kantor pelayanan terpadu dalam mengurus administrasi haji, memang di NTB baru ada di Loteng. Terpilihnya Loteng sebagai lokasi dibangunnya kantor pelayanan terpadu, mengingat di Loteng, jumlah jamaah antrinya cukup tinggi, termasuk para pendaftar setiap bulan terus meningkat.

Meningkatnya para pendaftar, ini juga sebagai salah satu alasan, pembangunan kantor terpadu harus segera dibangun di Loteng. “Saya akui Loteng salah satu Kabupaten, yang memiliki jumlah pendaftar setiap tahunnya terus meningkat, makanya layak jika kantor pelayanan terpadu ada di kemenag Loteng,” katanya.

Pembangunan PLHUT ini lanjutnya, sesuai apa yang dikatakan kepala kemenag, ada dua pungsi bisa dilaksanakan, dimana dilantai dasar khusus pelayanan sedangkan di lantain dua khusus bimbingan.  Dengan terbangunnya kantor ini, pihaknya berharap masyarakat puas.

Sementara itu, pantauan Suara Rinjani saat peresmian, sejumlah pimpinan bank juga ikut hadir, sambil memperkenlkan loket masing masing perbangkan. Termasuk Bank NTB Syariah Praya, salah satu bank kepercayaan NTB, juga hadir memberikan terbaik dalam melayani perbangkan di bidang haji. (ap)

Share this post