Bekali Kemampuan Security, Satpolres Lobar Gelar Bimtek

Bekali Kemampuan Security, Satpolres Lobar Gelar Bimtek

 

Lombok Barat SR – Wujudkan potensi Sumber Daya Masyarakat (SDM) Satpam Yang Unggul, Satuan Polres Lombok Barat melaksanakan kegiatan latihan kemampuan dan pembinaan teknis Satpam dalam rangka terciptanya Kamtibmas yang kondusif di lingkungan kerja  di Resort & Convention Hotel Aruna Senggigi, Sabtu (18/01).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolres Lobar, Kabag ops. Res, Kasat Reskrim, Kasat Intel, Kasat Narkoba, Kasat Binmas, Kanit Reg Ident Satlantas, Kanit Patroli Sat Sabhara berserta personil Res berseta 100 peserta Scurity yang akan siap mengikuti Bimtek.

Wakapolres Lobar Kompol L. Salehuddin, SH mengatakan, setiap kegiatan perlu adanya persiapan dan pengawasan. Keberhasilan suatu kegiatan itu bentuknya adalah pelatihan yang merupakan bagian keberhasilan tugas, karena dengan pelatihan membentuk kesiapan dalam menghadapi segala sesuatau yang akan terjadi.

Wakapolres menekankan agar semua peserta, agar mengikuti kegiatan ini sabaik-baiknya, sehingga dalam hal ini daoat menjadikan sebagai bekal kemampuan dalam pelaksanaan tugas nantinya.

” Harapannya, giat ini tidak berhenti sampai disini saja, akan tapi tetap membangun komunikasi, karena tugas Satuan Pengamanan hampir sama dengan tugas Kepolisian yaitu dalam pelayanan walaupun dengan bentuk dan obyek sasaran yang berbeda,” ujarnya .

Dia mencontohkan, seorang pribadi walaupun dikatakan sebagai master, dengan tanpa ia berlatih tidak akan bisa mencapai hasil sesuai yang diharapkan, pungkasnya.

Sementara, Kasat Intelkamsory IPTU I Dewa Dede Meiriawan memberikan motivasi kepada peserta bahwa, apabila dengan kehadiran Satpam namun dalam tugasnya tetap kebobolan, maka percuma ada satuan pengamanan. Untuk itu, pengamanan agar mengenali lingkungan dan peka dengan keadaan sekitar.

“Saya berharap agar kepada para peserta Bimtek saat bertugas pengamanan, baik tugasnya di Bank maupun dihotel, untuk selalu tetap memiliki rasa kewaspadaan tinggi, sehingga dapat mengetahui potensi-potensi yang dapat menggangu sitkamtibmas,” tegasnya.

Kasat Narkoba menjelaskan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. dia mengayomi, selain tugas pengamanan, Satpam juga diharapkan dapat memberikan informasi penyalahgunaan narkoba. kegiatan Latihan Kemampuan dan Pembinaan Teknis Satpam dalam rangka

Apabila berhasil memberikan informasi, maka akan diberikan reward, kegiatan Latihan Kemampuan dan Pembinaan Teknis Satpam dalam rangka

Menurutnya, penyalahgunaan narkoba ini sangat merugikan masyarakat, sehingga Kepolisian berkomitmen untuk memberantasnya.

Selanjutnya Kanit Patroli Sat Sabhara menjelaskan, sebagai security sudah barang tentu mempunyai peran dan tanggungjawab yang penuh terhadap poksi kerjanya. Selain itu fungsi dan tugas security dapat melakukan pengamatan dan penggambaran terhadap wilayah kerja.

“Dalam pelaksanaan tugas harus mempunyai tanggung jawab tanpa harus ada pengawasan dari pimpinan.” tegasnya.

Menyinggung tugas security khususnya di Bank dan wilayah hotel sebutnya, secara khusus security yang bertugas Bank pastinya rentan akan ancaman, baik dari luar maupun dari dalam maka dibutuhkan kesiapsiagaan pengamatan dan kejelian dalam bertugas

“Tidak jauh berbeda security di Hotel dan di bank, namun apapun itu tetap harus bagaimana menjaga kenyamanan dan keselamatan wisatawan baik wisatawan domestik apalagi wisatawan mancanegara,” tandasnya.

Selanjutnya pembinaan tentang fungsi lalulintas terutama tentang keselamatan berlalulintas.
Kanit Reg Ident Sat Lantas memaparkan tentang pengertian lalulintas, laka lantas, dan golongan kecelakaan lalulintas yang terdiri dari kecelakaan ringan, sedang dan berat.
Pada kesempatan itu menjelaskan faktor penyebab lakalantas dan cara pengaturan lalulintas yang baik dan benar dalam bertugas.

Kasat Reskrim AKP Priyo Suhartono memaparkan, terkai penanganan awal terjadinya tindak pidana kejahatan di TKP, dia menekanks jangan sekali – kali sampai melakukan tindakan kekerasan yang justru dapat merugikan diri sendiri, karena tindakan tersebut bisa dipidanakan. Karena konsewensi setiap siapa saja yang mencoba melawan hujum maka akan tetap diproses sesuai aturan. (W@N)

Share this post