Hari Ini, MAN I Loteng Rayakan Hari Lahir Ke 42

Hari Ini, MAN I Loteng Rayakan Hari Lahir Ke 42

 

Lombok Tengah SR- Hari ini Sabtu 18 Januari 2020, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Lombok Tengah (Loteng), merayakan hari jadinya ke 42. Pelaksanaan perayaan hari jadinya, akan dilaksanakan di halaman madrasah setempat.

Kepala MAN I Loteng Lalu Syahdi mengatakan, besok pagi (Hari ini Red), MAN I Loteng akan merayakan hari jadinya yang ke 42. Dimana perayaan tersebut, akan dipusatkan di halaman madrasah. “Halaman madrasah cukup luas, sehingga kami tidak melaksanakan di luar melainkan di tempat,” katanya di ruang kerjanya, Jum’at (17/01).

Sebelum hari puncak kata kepala yang belum sepekan menjabat, berbagai macam lomba dilaksanakan diantaranya lomba Pramuka tingkat SMP MTs yang di ikuti oleh 50 regu pramuka dan beberapa lomba lainnya.

Sedangkan hari ini (Kemarin Red), acara jalan sehat yang diikuti oleh seluruh siswa MAN I Loteng, dimana dalam jalan sehat ini di lepas langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Wilayah NTB H. Zamroni Aziz. Selanjutnya, pada hari puncak acara yang akan dilaksanakan besok pagi (Hari ini Red), pihak panitia telah melakukan kerjasama dengan Osim MAN I Loteng, mengadakan donor darah.

Dimana hasil donor darah tersebut, akan diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkan. “Mensukseskan hari ulang tahun MAN, kita tidak lupa kerjasama dengan Osim, makanya untuk donor darah itu langsung di tangani Osim,” bebernya.

Dikatakan, di hari puncak pihaknya sudah mengundang, sejumlah pejabat tingkat I dan II, khususnya dari Kanwil Kemenag NTB dan kemenag Loteng. “Ini kan tasyakkuran yang kami laksanakan sekal setahun, dan kami menilai acara ini cukup sakral dan sejumlah pejabat juga dipastikan hadir dalam kegiatan ini,” ungkapnya.

Mantan Kamad MAN 2 Loteng menambahkan, dipuncak acara pihaknya juga telah mempersiapkan puluhan reword bagi siswa dan guru berprestasi. Reword tersebut akan diberikan saat puncak kegiatan.

Selanjutnya dalam HUT ini mengambil tema “Semangat Kebersamaan Raih Prestasi Gemilang Guru Kompeten Siswa Unggul dan Berkarakter”.

Dijelaskan, sebelum menjadi MAN I Loteng, beberapa perubahan yang sudah dialaminya, MAN I Loteng berdiri tahun 1969 dimana saat itu bernama SP IAIN Sunan Ampel cabang Praya, selanjutnya pada tanggal 17 Januari 1978 MAN I Loteng berubah nama menjadi MAN Praya Loteng.

Dan pada tahun 1995 MAN 1 Praya dan tahun 2017 berubah nama menjadi MAN 1 Loteng sampai sekarang.
Sementara itu Kabid Penmad kanwil Kemenag NTB H. Zamroni Aziz mengatakan, madrasah telah banyak melahirkan para cendikiawan dan pemimpin. Sehingga hal itu tidak bisa dipisahkan, dengan kemajuan saat ini, termasuk keberadaan MAN I Loteng. Dimana MAN I Loteng, merupakan salah satu madrasah kebanggaan kementerian Agama, dimana peran MAN telah banyak memberikan kontribusi bagi daerah, khususnya Loteng.

Di umurnya yang ke 42, pihaknya berharap MAN I Loteng sebagai salah satu madrasah sorotan masyarakat, harus lebih baik, terutama dalam mencetak kader berakhlakul karimah, sesuai dengan nama lembaganya.
“Madrasah itu lebih identik pendidikannya keagamaan, kendati begitu pelajaran umum, juga tidak kalah dengan sekolah. Makanya MAN I kedepan saya harapkan sebagai lampu sorot bagi pemerintah dan masyarakat, agama ok dunianya pun demikian,” ungkapnya. (ap)

Share this post