Rusak Parah, Jembatan Sukajaya Lunyuk Butuh Penanganan Cepat

Rusak Parah, Jembatan Sukajaya Lunyuk Butuh Penanganan Cepat

Sumbawa Besar, SR – Lintas jembatan penghubung antara Dusun Sukajaya ke Lunyuk Ode Kecamatan Lunyuk, yang panjangnya sekitar 200 meter, kedalaman kurang lebih 3 meter ini patah atau rusak parah sehingga tidak bisa dilalui lagi oleh warga setempat. Jembatan yang dibangun tahun 2010 dan sempat bisa dilalui sementara oleh warga Lunyuk,tapi tidak lama rusak dan tidak bisa digunakan warga.
“Penyebab kerusakan jembatan penghubung atau jembatan Limpas diakibatkan air sungai yang dikenal dengan nama Brang Beh begitu deras menghantam tiang pondasi sehingga sekarang rusak dan patah menyisakan puing reruntuhan,” kata Kadus Dusun Sukajaya Dedi Suhadi  saat di temui di lokasi jembatan, Kamis (09/01).
Lanjut Dedi, diharapkan kepada pemkab Sumbawa agar serius memperhatikan keadaan jembatan ini karena sangat dibutuhkan.
Hal senada juga diungkapkan Ardiansyah selaku Warga Dusun Sukajaya. Katanya, berdirinya jembatan Dusun Sukajaya tahun 2009 atau 2010 hanya dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kurang lebih 2 tahun saja.
“Meskipun perbaikan telah diusulkan setiap tahun melalui Musyawarah Dusun/ Desa Kecamatan Lunyuk, bahkan ditingkat kabupaten dan Provinsi, namun belum membuahkan hasil,”keluhnya.
Jembatan Sukajaya ini cukup strategis karena tidak hanya menghubungkan desa induk Lunyuk Rea tapi juga menghubungkan ke Desa Sukamaju, Desa Jamu dan Emang Lestari.
Karena fungsi yang strategis itu, jika rusak, tentu berdampak signifikan terhadap asksesibilitas warga. Bahan pangan dan sumber daya alam lainnya yang menjadi sumber ekonomi masyarakat bisa disalaurkan ke pasaran kalau jembatan ini sudah diperbaiki.
“Keberadannya juga mempererat hubungan koordinasi, sinkronisasi semua wilayah antar desa,” tutupnya. (fan/bgs).

Share this post