Warga Keluhkan Akses Jalan Jelapang Lunyuk

Warga Keluhkan Akses Jalan Jelapang  Lunyuk

Sumbawa, SR- Jalan Jelapang Lunyuk diguyur lumpur dan batu-batuan. Kondisi ini dikeluhkan masyarakat di karenakan jalan banjir dan teremdam lumpur. Banyaknya batu-batuan di badan jalan yang sulit dilalui khususnya pengguna jalan.
“Penyebabnya karena peladangan terlalu mepet dari jalan raya, mestinya harus ditanami pohon biar adanya untuk penahan tanah biar tidak terjadinya longsor  dan ini adalah hal yang pertama kali terjadi di Desa Lunyuk Rea Kecamatan Lunyuk.
“Kalau bisa ditanamkan pohon untuk penahan tanah, biar tanah tidak langsung turun kejalan raya,” ungkap DD salah seorang wrag Lunyuk kepada SR Rabu (01/1).
Lanjutnya, kalau hanya air banjir di jalan tidak apa-apa, tapi kalau tanah dan batu yang longsor, tidak bisa dilalui oleh masyarakat, dan bisa-bisa kampung Jelapang dihatam oleh tanah dan batu  yang jatuh dari gunung, karena gunung sebagian sudah gundul.
“Ini baru pertama kali terjadi, gimana kalau pas puncaknya hujan dan sekolah SMP 3 Jelapang ini bisa roboh dan anak-anak kita tidak bisa sekolah,”kelunya.
Jalal, salah satu sopir dari Sumbawa, menunda perjalanan dari area jalan Jelapang  menuju Sumbawa karena batu-batuan besar dan tanah terlalu dalam di badan jalan yang tidak bisa dilalui. Kalau dipaksakan akan bahaya akbitanya.
“Karapan dari masyarakat pengguna jalan, adanya bantuan secepatnya dari pemerintah untuk menurunkan alat berat, agar jalan kembali normal dan bisa di lalui kembali, juga ada tindakan dari pemerintahan Desa untuk menghimbau masyarakat, tidak melakukan tebang pilih sembarangan dan membakar pohon seenaknya, supaya tanah tidak longsor,” ungkapnya. (bgs)

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or