SUARA DESA 

Karang Taruna Pancaran Muda Anjani Gelar Pelatihan Budidaya Jamur Tiram

Lombok Timur SR – Untuk meningkatkan kemandirian dan semangat wirausaha pemuda desa, Karang Taruna Pancaran Muda Desa Anjani Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur, menggelar Pelatihan Budidaya Jamur Tiram, Rabu, (25/12)di Kantor Desa Anjani.
Pelatihan ini merupakan program kerja Karang Taruna Pancaran Muda Desa Anjani yang dilaksanakan oleh LKP Pancaran Muda yang ditujukan khusus untuk para pemuda/pemudi dan remaja Desa Anjani sebagai upaya dalam meningkatkan kompetensi dan membuka peluang usaha bagi pemuda sekaligus mengurangi pengangguran.
Demikian disampaikan, Sekretaris Umum Karang Taruna Pancaran Muda Desa Anjani Hamzanwadi, S.Kom., dalam sambutannya saat pembukaan Pelatihan Budidaya Jamur Tiram.
Lanjutnya, kami berharap melalui pelatihan ini, rekan-rekan pemuda dapat memiliki skil dan bisa menjadi tenaga kerja terampil yang bisa menular kepada orang lain dan tentunya bisa memenuhi kebutuhan hidupnya memiliki masa depan yang cerah.
“Sudah saatnya kita harus memberanikan diri untuk bekerja sendiri atau membuka usaha sendiri dirumah dengan mendirikan bisnis Jamur Tiram,” tandasnya


Hal senada juga disampaikan Koordinator Kegiatan Kursus dan Pelatihan Karang Taruna Desa Anjani, Burhan, mengatakan selain materi di ruangan, peserta juga diajak langsung praktek Budidaya jamur yang baik. Mulai dari memilih serbuk gilingan kayu, campuran bahan pembuat Jamur Tiram sampai dengan baglog siap tumbuh jamur.
“Insya allah, dalam sehari, teman-teman dapat langsung menguasai teknis budidaya jamur tiram ini,” ucapnya.
Kepala Desa Anjani, H.M.Zulkarnain menyampaikan, bahwa budidaya jamur tidak memerlukan modal besar serta tidak sulit dilakukan, yang diperlukan adalah keterampilan dan semangat untuk mendiri serta keuletan untuk beriwirausaha, setelah mengikuti pelatihan ini.
“Saya berharap bisa membuat usaha sendiri dan tidak lagi ke luar mencari pekerjaan,” imbuhnya.
Lanjutnya, Desa Anjani pada tahun 2020 akan membuat salah satu destinasi wisata desa yang di mulai dari pembangunan kolam dan penataan jalan wisata oleh para pemuda Desa Anjani. Untuk itu di harapkan ke depan para penggiat Budidaya Jamur Tiram yang berasal dari pemuda Desa Anjani harus bisa memanfaatkan lokasi wisata sebagai pasar untuk memasarkan produk baik hasil budidaya maupun hasil olahan makanan jadi yang berbahan dasar Jamur Tiram.
“Semakin banyak pemuda yang mandiri secara ekonomi akan mengurangi pengangguran dan menjadikan desa kita lebih maju. Kita tahu saat ini sangat sedikit lapangan kerja baru. Untuk itu ke depan Karang Taruna Pancaran Muda melalui LKP Pancaran Muda Desa Anjani terus melakukan kegiatan pelatihan bagi pemuda dan masyrakat yang lebih luas,” tutupnya. (Vin)

Related posts