156 Rumah Warga Lanci Jaya Rusak Dihatam Angin Puting Beliung

156 Rumah Warga Lanci Jaya Rusak Dihatam Angin Puting  Beliung

Dompu SR- Pada Rabu (11/12) lalu sekitar pukul 16.00 Wita, kembali hujan deras disertai angin kencang yang menerjang wilayah Dompu. Kali ini menerjang kecamatan Manggelewa di Kabupaten Dompu yang menyebabkan sekitar 156 rumah warga Desa Lanci Jaya Kecamatan Manggelewa, rusak dan 3 orang korban jiwa.
Peristiwa yang terjadi sekitar 16.00 wita membuat warga panik, peristiwa itu menyebabkan atap rumah warga berterbangan dan mengalami rusak parah, bahkan ada tembok rumah dan pohon roboh.
Pantauan wartawan dilokasi terlihat tim BPBD Dompu, Koramil, Polsek Manggelewa bersama Pemerintah Desa Lanci Jaya, Babinkatimas dan Babinsa turun untuk memantau dan mendata ratusan rumah yang rusak akibat anging puting beliung.
Kasi Kedaruratan dan Logistik BNPB Daerah Kabupaten Dompu, Marwan,SE. dikonfimrasi saat memtau rumah warganya mebenarkan kejadian itu. Ia menceritakan, peristiwa itu diperkirakan terjadi sekitar pukul 16.00 Wita, warga rusak rumahnya akibat diterjang angin di pikirakan 156 unit rumah.
“Tiba-tiba datang hujan disertai angin kencang dari arah timur Desa Lanci Peristiwa itu berlangsung sekitar 15 menit lamanya, sehingga ratusan atap rumah warga beterbangan di bawa angin maupun  rusak, adapun rumah yang rusak berat 61 unit dan yang rusak ringan 136 unit,” katanya.
Marwan menambahkan, saat ini rumah-rumah warga yang rusak sedang didata oleh tim kami dan dibantu pemerintah desa. Dari informasi sementara puluhan rumah warga yang mengalami rusak berat dan ratusan rusak sedang dan ringan.
Kades Lanci Jaya Sahril mengatakan rumah yang rusak baik rusak berat maupun rusak ringan terdapat dibeberapa dusun diantaranya Dusun Rae, rumah yang rusak 31 unit, Mada Laju 30 unit, Paja Karya 25 unit, Mujur 36 unit, Lanci 25 unit, Dusun Woro Jaya 10 unit, Makmur 4 unit.
“Data ini sudah valid setelah kita mendata kerusakan akibat angin putting beliung yang terjadi secara tiba-tiba,” ungkapnya.
Lanjutnya Sahril, untuk sementara kerugian warga yang di pekirakan mencapai ratusan juta, korban jiwa atas kejadian ini sebanyak 3 orang dan sudah di bawah ke puskesmas sori utuh. Kecamatan Manggelewa.
Camat Manggelewa Drs Ismail, mengungkapkan bahwa kita ikut perihatin atas musibah yang di alami ratusan warga desa Lanci Jaya yang mengakibatkan puluhan dan bahkan ratusan rumah warga rusak berat dan ringan diterjang angin puting beliung tersebut.
“Harapan kami kepada ratusan warga yang saat ini sedang mendapatkan musibah ini tetap bersabar dan tenang. Ini murni musibah dan kita jadikan sebagai ujian,”tandasnya.(ML)

Share this post