Kabid Penmad Kemenag NTB ‘Larang’ Bangun Madrasah Baru

Lombok Tengah SR – Lembaga pendidikan di NTB akhir- akhir ini kian menjamur, termasuk lembaga pendidikan di bawah binaan Kantor Kementerian Agama (Kemenag).

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kanwil Kemenag NTB H. Zamroni Aziz kepada Suara Rinjani, di Lombok Tengah, Jum’at (29/11) menuturkan, pihaknya baru-baru ini, sudah mendatangi pimpinan organisasi kemasyarakatan (Ormas). “Alhamdulilah, baru – baru ini kami sudah datangi pimpinan ormas, baik NU ataupun NW,” katanya.

Katanya, sudah mendatangi pimpinan ormas terbesar di NTB seperti NW, dan telah membahas banyaknya lembaga pendidikan di bawah organisasi yang mengajukan ijin operasional. Sedangkan di sisi lain, jumlah lembaga pendidikan mulai dari perkotaan hingga perkampungan sangat banyak. Tapia da juga lembaga pendidikan tidak punya peserta didik.

“Kedatangan kami ke pimpinan NW untuk membahas masalah banyaknya lembaga pendidikan dan kami juga minta agar tidak lagi membangun lembaga pendidikan baru, kecuali ada suatu daerah yang belum tersentuh lembaga pendidikan,” ungkapnya.

Selain meminta untuk tidak membangun, pihaknya juga menyampaikan beberapa alasan diantaranya, ada lembaga pendidikan yang ada itu akan lebih difokuskan, sehingga tidak perlu membangun dari nol. Terkecuali dibeberapa daerah yang betul – betul lembaga pendidikan belum ada.

“Hasil survey sementara ini, lembaga pendidikan sudah menyebar di seluruh wilayah NTB, beberapa lembaga pendidikan yang ada tersebut, kita minta itu dikelola dengan baik, tanpa harus membangun dari nol,” ujarnya.

Ditambahkan, di tahun 2020 ini, pihaknya juga telah meminta kepada pengawas untuk lebih selektif dan aktif, memantu sejumlah madrasah. Sebab tidak sedikit, laporan sejumlah madrasah mulai ditinggal siswa dan inilah yang di khawatirkan. Banyak lembaga pendidikan namun siswanya minim. (ap)

Share this post