Direktur ICS : Soal Beasiswa Luar Negeri, Harus Duduk Bareng dan Mencontoh Jabar

Mataram SR – Guernur NTB Dr H Zulkifliemasyah, dengan tekad kuat meningkatkan SDM NTB dengan cara mengirim mahasiswa NTB untuk melanjutkan study ke luar negeri. Kendati programnya ini  beberapa waktu terakhir ini ramai diskusi tentang Rencana Beasiswa NTB ke Luar Negeri mau dibantu Pakai APBD
Sejak awal sampai saat ini Mahasiswa mahasiswa sudah banyak kami Kirim ke Luar Negeri dan nggak pakai APBD. Semuanya lancar dan hasilnyapun menggembirakan.
“Ide ini bukan hanya dari kami. Kalau ada pihak – pihak yang punya akses ke berbagai negara kami tentu senang dan akan bantu sesuai kemampuan kami,” kata Gubernur NTB melalui akun FBnya menjawab pertanyaan yang berkembang di beberapa gruop medsos.
Lanjut Dr Zul, panggilan akrabnya, kenapa nggak pakai APBD.? Lanjut Dr Zul, bukan karena alasan gaya-gayaan atau sok hebat. Tapi ide begini gampang sekali menuai kontroversi dan bikin gaduh kalau menggunakan APBD.
“Jangan sampai belum jalan programnya kita sudah bertengkar, ribut, berdebat untuk kemudian layu sebelum berkembang,”tandasnya.
Menanggapi program Gubernur NTB soal peningkatan kualitas IPM dan SDM NTB, Direktur Islamic Culture and Society Dr. Saepul Hamdi MA memberikan dukungan  atas upaya peningkatan SDM NTB.
“Saya melihat Pemprov NTB bisa mencontoh terobosan yang dilakukan oleh Jawa Barat yang memberikan beasiswa kepada sarjana S1, S2 dan S3.  Postur APBD kita yang 5.2 T harus disisihkan untuk beasiswa supaya dapat mendongkrak kualitas SDM dan IPM kita secara umum,” ujarnya kepada Media ini Minggu (18/08/2019).
Lanjut Dosen Sosiologi Unram ini bahwa kita masih punya PR ketika kualitas dan IPM kita jauh tertinggal dengan daerah lain. Coba fokus ke sini saja dulu biar kelihatan hasilnya. 50 Miliar yang digelontorkan oleh Jabar masih mampu dilakukan oleh NTB.

“Tinggal bagaimana kita duduk bareng merumuskan kebutuhan yang urgen. Dari dulu IPM dan SDM kita menjadi kendala. Harusnya ini yang menjadi prioritas pemda,” pungkasnya. (ror)

Share this post