SMPN 4 Praya Implementasikan Mapel PAI dengan Berkurban

SMPN 4 Praya Implementasikan Mapel PAI dengan Berkurban

 

Lombok Tengah SR- Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Praya Lombok Tengah (Loteng), langsung action mempraktekkan Mata Pelajaran (Mapel), Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan cara mengenalkan keutamaan bersedekah kurban kepada siswa.
Selain keutamaan bersedekah dengan kurban, siswa juga diajarkan bagaimana persyaratan hewan kurban di sembelih, termasuk siapa saja yang berhak mendapatkan daging kurban.

Kepala SMPN 4 Praya Loteng Agus Sunjaya menjelaskan, dilakukannya penyembelihan hewan kurban, sebagai bentuk implementasi dari pelajaran pendidikan agama Islam.

Artinya beberapa pelajaran yang pernah mereka terima, dari guru agama mereka,.langsung di praktikkan.

“Dalam pelajaran PAI, kan ada yang membahas masalah kelebihan dan keutamaan bersedekah dengan Berkurban, makanya kurban yang kita laksanakan ini, salah satu bagian dari mempraktekkan,” katanya kemarin.

Melaksanakan penyembelihan hewan kurban, baru kali ini dilakukan sampai dua ekor sapi. Sebab pada pelaksanaan penyembelihan hewan kurban sebelumnya, penyembelihan hanya satu ekor sapi dan satu ekor kambing.

“Hanya tahun ini kita bisa mengorbankan dua ekor sapi sekaligus, sedangkan sebelumnya kita hanya sembelih satu ekor sapi dan satu ekor kambing,” terang kepala sekolah yang beberapa bulan ini menjabat sebagai kasek di SMPN 4 Praya.Dijelaskan, dua ekor sapi yang di Korbankan, itu berasal dari dua sumber, dimana sumber pertama hasil kumpulan sumbangan dari guru, siswa dan wali siswa. Sedangkan satu ekor sapi lainnya, itu merupakan hasil iuran dari 6 orang guru, yang dilakukan nsetiap tahun secara rutin.

“Penggalangan sumbangan satu ekor sapi di siasati oleh OSIS, sedangkan satu ekor sapi lainnya, merupakan hasil iuran 6 orang guru, yang dilakukan setiap tahun. Artinya 6 orang guru ini sepakat mengorbankan satu ekor sapi di sekolah,” ujarnya.

Selanjutnya untuk Pembagian dua ekor daging sapi tersebut, guna memperlancar dan mempermudah pendistribusian, pihaknya sudah menyebarkan 300 kupon.

100 kupon dibagikan kepada siswa setempat, yang tidak mampu dan anak yatim piatu. Selanjutnya, untuk siswa SD yang masuk di zona, masing-masing SDN 4 Praya, SDN Ketejer, SDN Buse, SDN Gerunung 1 dan 2 dan aejumlah SDN yang masuk dalam zona SMPN 4 Praya. Dan untuk SDN yang masuk zona, diberikan 90 kupon.
“Kita punya 11 SDN yang masuk dalam zona, itu juga kita berikan kupon sebanyak 90 kupon,” ungkapnya.

Selain itu, masyarakat di sekitar sekolah juga diberikan, dengan jumlah 110 kupon. “Kita prioritaskan masyarakat di lingkungan sekolah dengan jumlah 110 kupon,” kata mantan kasek SMPN 4 Prateng ini.

Ditambahkan, bagi 6 orang guru yang menyembelih 1 ekor sapi tersebut, mereka mengambilnya sebanyak 10 bungkus. Dan itu mereka bagikan sesuai dengan keinginan mereka sendiri Masing masing. (Ap)

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or