SUARA PENDIDIKAN 

Madrasah Pencetak Generasi Akhlakul Karimah

 

Rangkaian Kegiatan, HUT MTsN I Loteng

Lombok Tengah SR- Genap umur ke 39, Madrasah Tsanawiah Negeri (MTsN) I Lombok Tengah (Loteng), salah satu madrasah besutan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Loteng, Oftimis akan terus meningkatkan pelayanan bagi peserta didik, dalam rangka mencetak generasi penerus bangsa yang Qurani.

Demikian dikatakan kepala madrasah MTsN I Loteng, Nasruddin Mansur saat acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke 39, yang di pusatkan di halaman madrasah setempat, Sabtu lalu.

Dengan umurnya yang ke 39, pihaknya terus mengupayakan dan menutupi sejumlah kekurangan, sehingga pada akhirnya nanti, keberadaan Madrasah semakin maju, termasuk lulusannya, harus menjadi garda terdepan dalam kemajuan zaman.

“Semangat 39, kami bersama seluruh civitas MTsN I Loteng, sebagai modal untuk terus membangun,” katanya, (12/08/2019).

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kemenag Loteng, M. Salim mengupas sejarah berdirinya MTsN I Loteng.

Dimana MTsN I Loteng, pertama kali ada di bawak mundah atau tempat Ponpes Nurul Yaqin Praya sekarang.

Selanjutnya pindah ke lokasi saat ini. Nama MTsN I Loteng, selalu berubah ubah sesuai dengan petunjuk kementerian agama pusat. Di mana sebelumnya, MTsN I Loteng, bernama madrasah negeri. Seiring dengan kemajuan zaman, MTsN I Loteng, berubah menjadi MTsN Model Praya Tengah. Selang beberapa tahun berjalan dengan menggunakan Madrasah model, berubah menjadi MTsN I Loteng.

“Perpindahan nama madrasah, itu seiring dengan kemajuan dan tuntutan zaman, dan itu disesuaikan dengan petunjuk kementerian agama pusat,” papar mantan kamad MTsN I Loteng ini.

Saat ini lanjutnya, gedung MTsN I Loteng, hanya depannya yang sudah naik tingkat 3, kedepan pihaknya akan mengupayakan agar semua gedung MTsN I Loteng, harus berlantai 2. “Jika sekarang gedungnya yang di depan saja yang berlantai 3, insyaallah tahun berikutnya semua gedung MTsN I Loteng harus berlantai, minimal berlantai 2,” katanya.

Kenapa ini dilakukan, mengingat jumlah peserta didiknya terus bertambah dan seiring kemajuan zaman, MTsN I Loteng, satu satunya lembaga pendidikan yang ada di jantung kota Praya. Selain itu MTsN I Loteng, menjadi potret kemajuan pendidikan, di bawah binaan kemenag Loteng.

Sementara itu, Sekretaris Dinas pendidikan Loteng Drs HL. Muliawan mengaku, HUT MTsN I Loteng ke 39, memiliki banyak kelebihan dan keistimewaan. Diantaranya angkat 3 itu unik, menandakan jumlah kabupaten se Indonesia 350, penerapan K13, rukun solat 13 dan yang lainnya.

“Ulang tahun kali ini, bagi saya pribadi angka 3 itu istimewa,” katanya.
Dikatakan, saat ini Loteng menjadi salah satu kabupaten yang selalu mendapatkan durian runtuh. Artinya banyak pembangunan yang dibiayai pemerintah pusat, mulai dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kita Kecamatan Pujut Loteng, IPDN, Poktikpar, termasuk beberapa kegiatan nasional juga di helat di Loteng dan yang lainnya.

Selain itu, ditahun 2020 mendatang, Loteng akan dibangunkan lapangan sepakbola internasional, yang berlokasi di lapangan pacuan kuda Loteng. “Mulai dari bangunan dan kegiatan nasional, Alhamdulillah pemerintah pusat selalu di fokuskan di Loteng,” ungkapnya.

Banyaknya pembangunan dan kemajuan yang dicapai, generasi penerus bangsa, itulah yang diharapkan sebagai istapet melanjutkan tapuk pimpinan di daerah ini, termasuk anak anakku sekalian.

“Dunia ini terus berputar, perputaran tersebut nantinya kalian semua bakal sebagai pengganti para pemimpin saat ini, makanya saya harapkan anak anakku mempersiapkan diri dari sekarang,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Loteng H. Muliadi mengaku, perkembangan madrasah di era globalisasi saat ini, terus menjadi incaran para penuntut ilmu.
Pasalnya setiap tahun, jumlah siswa yang mendaftarkan diri ke madrasah semakin banyak, hal tersebut dibuktikan dengan semakin bertambahnya kebutuhan, ruang belajar di masing masing madrasah, terutama di MTsN I Loteng.

“Saya tidak menutup mata, kalau keberhasilan yang telah dicapai madrasah cukup membanggakan dan hal itu kita bisa lihat dari jumlah siswa yang masuk ke madrasah semakin banyak,” katanya.

Di umurnya yang ke 39, atas nama kantor kemenag Loteng, meminta kepada seluruh civitas kemenag, khususnya di lingkungan MTsN I Loteng, untuk terus berbenah menjadi lebih baik.

Catatan koran ini, dua hari sebelum masuk acara puncak, berbagai kegiatan dan lomba digelar. Mulai dari lomba drumband se Lombok, karate, sains dan sejumlah lomba lainnya. Beberapa lomba tersebut, sebagai bentuk dan wujud mensukseskan acara HUT MTsN I Loteng. (Ap)

Related posts

Leave a Comment

Or

%d blogger menyukai ini: