Bupati Loteng Resmikan SPBUN BBM 1 Harga

Bupati Loteng Resmikan SPBUN BBM 1 Harga

Lombok Tengah SR– Bupati Lombok Tengah (Loteng), HM Suhaili, menandatangani prasasti, pertanda peresmian lembaga penyalur program BBM 1 harga pada SPBUN, dengan nomor 58. 835. 13 di Pelabuhan Teluk Awang Desa Mertak Kecamatan Pujut Loteng beroperasi, Jum’at (19/07/2019).

Peresmian SPBUN BBM 1 harga tersebut, juga di tandatangani oleh Stap ahli menteri ESDM Dr Ir H Saleh Abdul Rahma MSC kamis kemarin. Hadir dalam acara peremian tersebut,  Bupati Loteng, HM. Suhaili FT, Staf Ahli Menteri ESDM Dr. Ir H. Saleh Abdul Rahma MSC, Marketing Branch Manager BALI dan NTB.Bapak Sigit Wicaksono, Direktur Jenderal Perikanan Tangkap diwakili Adi Candra.

Dandim 1620/Loteng diwakili Kapten CHB Hery Susanto, Kapolres Loteng diwakili Kapolsek Sengkol AKP l Ketut Putriawa  SH, Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi NTB, Kadis Perikanan Loteng Muhamad Kamrin, Camat Pujut Lalu Sungkul, Danramil 02 Pujut Kapten CBH Abdul Hamid, Kades Mertak H. Bangun. Para Toga, Todat, Toda, Masyarakat dan seluruh nelayan yang menyandar di pelabuhan Awang

Dalam sambutannya Bupati Loteng HM Suhaili mengatakan, setelah diresmikannya SPBUN BBM 1 harga ini, pihaknya mengharapkan segala kebutuhan para nelayan, terutama yang bersandar di pelabuhan Teluk  Awang, terpenuhi.

Sehingga nantinya, aktivitas para nelayan dalam menangkap ikan menjadi lancar. “Mengunrangi angka kemiskinan di Loteng, bukan hanya kita lakukan dengan memberikan uang tunai, namun dengan beberapa program termasuk peresmian SPBUN BBM 1 harga ini, salah satu langkah mengentaskan kemiskinan, terutama di kalangan para nelayan,” katanya.

Selanjutnya, demi keberlangsungan operasional SPBUN BBM 1 harga ini, pihaknya kembali meminta kepada masyarakat, terutama yang ada di pelabuhan teluk Awang ini, untuk terus mengawasi dan menjaga. Sebab saat ini, SPBUN yang menerapkan BBM 1 harga ini bagian dari milik masyarakat, sebab segala kebutuhan terkait aktifitas menangkap ikan, kebutuhannya sudah terpenuhi, artinya di tempat ini, pengisian BBM bisa dilakukan dan tidak perlu harus ke tempat yang jauh.

“Sekarang SPBUN ini adalah milik masyarakat, dan itu saya harapkan bisa di jaga, sebab di SPBUN satu harga ini, segala kebutuhan terkait pelayaran menangkap ikan, ada di sini, seperti pengisian BBM,” paparnya.

Ia manambahkan, selain manfaatnya bisa di rasakan oleh para nelayan di tempat, beroperasinya SPBUN satu harga ini, juga bisa dimanfaatkan hasilnya oleh para nelayan luar pulau Lombok, yang datang bersandar di Pelabuhan Teluk Awang. “Teluk Awang ini, pelabuhan terbesar di Indonesia bagian timur, makanya banyak kapal kapal besar akan bersandar di tempat ini, dan kita harapkan beroperasinya SPBUN 1 harga ini kebutuhan mereka terpenuhi,” ujarnya.

Selain itu, saat ini yang terpenting adalah menjaga silaturrahmi ukhwah islamiyah dan wathoniyah, sebab jika hubungan sudah baik, insyaallah apa yang dilakukan, nantinya tercatat sebagai amal ibadah di hadapan Allah. “Kita juga berharap, segala apa yang kita lakukan di atas dunia ini, termasuk ibadah, sehingga nantinya di akherat kelak kita termasuk hamba yang syukur nikmat,” tutupnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Marketing Branch Manager BALI dan NTB, Sigit Wicaksono mengatakan, Loteng sebagai salah satu Kabupaten, yang diberikan kesempatan pemerintah pusat, harus bersyukur bisa memiliki SPBUN yang menerapkan BBM 1 harga, termasuk masyarakat Awang Kecamatan Pujut Loteng.

“Saya sangat bersyukur, di Loteng ini banyak sekali program pusat di laksanakan, termasuk beroperasinya SPBUN BBM 1 harga,” katanya.

Dijelaskan,  setelah beropersinya SPBUN BBM 1 harga ini, tentunya bisa dimanfaatkan sebaik baiknya, selanjutnya kepada koprasi bina bahari, salah satu pengelola, agar apa yang telah di berikan pemerintah pusat  bisa dikelola dengan baik, supaya tetap beroprasi.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap diwakili, yang diwakili Adi Candra mengatakan, seyogyanya dirjen perikanan tangkap akan hadir langsung, namun adanya tuga mendadak, sehingga pihaknya di utus menjadi wakil.

Dikatakan, teluk awing ini sudah dibukan sejak tahun 2005 silam, selama ini proses pengoperasionalannya tersendat sendat. Sehingga pemerintah pusat telah memberikan porsi istimewa untuk di operasionalkan, termasuk apa yang dilakukan saat ini, bagian dari upaya untuk terus di majukan.

Sehingga nantinya, beberapa kapal kapal besar yang datang dan bisa bersandar. “Jika ini sudah beroperasi dengan baik, secara tidak langsung pendapatan masyarakat Teluk Awang, semakin meningkat dan kesejahteraan hidup terjamin,” katanya.

Sementara itu dalam sambutannya Staf Ahli Menteri ESDM Dr. Ir H. Salaeh Abdul Rahma MSC, Loteng salah satu kabupaten yang diberikan kesempatan oleh pemerintah pusat, sebab tidak semua daerah bisa mendapatkan penyalur BBM 1 harga, dari 170 BBM 1 harga.

“Loteng, memang luar biasa bisa mendapatkan banyak program pemerintah pusat, penyaluran BBM 1 harga ini, tidak dimiliki oleh seluruh daerah, makanya saya katakana LOteng termasuk Kabupetan yang luar biasa,” katanya.

Kedepan Loteng, akan menjadi sentra kapal kapal besar, sehingga nantinya segala kebutuhan kapal bisa terpenuhi, selain itu di tempat ini pula, pemerintah merencanakan bakal membangun mesin es, khusus untuk para nelayan. (ap/ADV )

Share this post