SUARA PENDIDIKAN 

SMAN I Janapria Wakili NTB Lomba Lab

 

Lombok Tengah SR- SMAN I Janapria Kecamatan Janapria Lombok Tengah (Loteng), akhirnya resmi mewakili NTB, dalam lomba Pengelolaan laboratorium IPA.

Pasalnya, sekolah bidikan H. Wildan tersebut, telah berhasil menyalip sejumlah sekolah menengah atas yang ada di NTB, sehingga dipastikan SMAN I Janapria, berhak melanggeng ke tingkat Nasional.

Kepala SMAN I Janapria Loteng H. Wildan di ruang kerjanya kemarin mengatakan, setalah mengikuti beberapa sesi atau lomba Pengelolaan Laboratorium, baik di tingkat Kabupaten ataupun NTB, SMAN I Janapria telah berhasil memperoleh nilai tertinggi, sehingga mampu mengalahkan sekolah lain.

“Dewan juri telah memberikan penilaian dan Alhamdulillah, kami di SMAN I Janapria, memperoleh nilai tertinggi dan melanggeng ke tingkat Nasional,” katanya.

Menuju ke Nasional, tentunya pihaknya sudah melakukan persiapan matang, dengan harapan bisa membawa nama baik NTB ditingkat Nasional. “Saya sudah berfikir bagaimana ketatnya persaingan di tingkat Nasional, makanya kita sedang mempersiapkan diri sematang mungkin,” paparnya.

Lomba Pengelolaan laboratorium di tingkat nasional, itu akan dilaksanakan tanggal 23 Agustus mendatang, dimana lomba tersebut bertempat di Solo.

H. Wildan menjelaskan, sejak dilantiknya sebagai Kepala Sekolah (Kepsek) di SMAN I Janapria, pada bulan Januari 2018 lalu, pihaknya langsung action, terutama masalah pengelolaan laboratorium, dimana pada bulan Juni 2018, lomba yang sama juga sempat ia ikuti.
Namun saat itu, hanya mampu menempati juara 3 tingkat Provinsi. Artinya tahun 2018 bukan nasib baik, sebab niatnya untuk mewakili NTB Ditingkat nasinal, harus kandas pada posisi juara 3.

Tidak sampai disana, pihaknya mencoba menggali beberapa potensi yang belum ia mampu penuhi, selama setahun pihaknya terus melakukan pembenahan semaksimal mungkin.

Pada tahun kedua era kepemimpinannya, pihaknya kembali mengikuti lomba yang sama dan Alhamdulillah, mulai dari lomba tingkat kabupaten hingga provinsi, SMAN I Janapria, berhasil memperoleh nilai tertinggi dan mewakili NTB ke tingkat Nasional.
” Memang janji Allah itu benar benar ia rasakan sekarang, dimana dalam kutipan disejumlah ilmu agama mengatakan, suksesnya seseorang itu tergantung dari usaha dan ikhtiar, dan usaha yang sudah kami lakukan bersama civitas keluarga besar SMAN I Janapria, dirasakannya sendiri, dulu hanya mampu ditingkat provinsi, sekarang kami sudah siap bertanding di Nasional,” ujarnya.

Diakuinya, berbicara kelengkapan, pihaknya di pelosok jelas masih jauh dari kekurangan, dimana saat ini pihaknya hanya memiliki laboratorium Kimia dan Biologi. Kendati demikian pihaknya tidak berkecil hati dan tetap bersyukur, insyaallah kedwpan pihaknya optimistis, bakal memiliki laboratorium lengkap. (Ap)

Related posts