Godok Program Prioritas, PBNW Gelar Rapat Kerja Perdana

Godok Program Prioritas, PBNW Gelar Rapat Kerja Perdana

Mataram, SR – Setelah dikukuhkan Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (PBNW) pada moment Hultah NWDI ke 84 di Anjani belum lama ini, pengurus langsung eksen dengan menggelar Rapat Kerja (Raker) perdana untuk membahas dan menggodok program-program yang diputuskan pada Muktamar XIV NW akhir bulan lalu, di Hotel Lombok Raya, Jum’at (05/07/2019).
Dalam pengantarnya, Ketua Umum PBNW Syaikhuna Tuan Guru Bajang KH Muhammad Zainuddin Atsani, mengungkapkan bahwa raker perdana ini sebagai awal untuk menghimpun ide dan masukan dari para pengurus sehingga ketika kita Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang akan kita gelar sekitar Agustus-September mendatang ada bahan yang kita samapaikan kepada pengurus NW se Indonesia. Di samping itu kegiatan ini sebagai ajang silaturahim antar pengurus PBNW 2019-2024 karena banyak muka baru dan belum saling kenal.
“Kita rumuskan program skala prioritas sekarang ini untuk dijabarkan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) bersama pengurus NW se Indonesia yang kita akan gelar di luar Pulau Lombok nanti,” ungkapnya.


Usai dibuka Ketua Umum PBNW, dilanjutkan dengan rapat masing-masing departemen yang dipandu Sekjend. PBNW Prof Dr H Fahrurrozi, MA.
Pengamatan media ini rapat masing-masing departemen berjalan cukup alot, karena masing-masing anggota mengeluarkan pendapat dan ide-idenya untuk menunjang perkembangan NW.
Setelah menuntaskan rapat – rapat departemen, lalu semua program satu persatu dipresentasikan dihadapan Ketua Umum PBNW dan peserta Raker.
Dari beberapa program yang ditawarkan masing-masing departemen, yang paling mendapat perhatian dan dibutuhkan eksekusi cepat adalah membangun jaringan dan membuat MoU pihak NW melalui perguruan tinggi yang dimiliki dengan universitas-universitas luar negeri.
“Sekarang ini, kita percepat buat MoU dengan perguruan tinggi luar negeri, kita mulai dari perguruan tinggi di Amerika, Australia dan Brunai Darussalam,” kata anggota Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Saipul Hamdi, MA.
Wakil Ketua PBNW H L Syafii MM., dalam pandangannya mengungkapkan bahwa kita harus buat lembaga pendidikan yang terakreditasi di internal dulu sebelum diakreditasi pihak eksternal, karena kita punya potensi, baik sekolah maupun SDM.
“Kendati kita masa kerjanya 5 tahun, tapi kita harus meletakan dasar pokok program kerja untuk jangkauan ratusan tahun kedepan,” tandasnya.


Beberapa point yang dihasilkan pada raker perdana PBNW diantaranya, pembentukan Lembaga Pusat Kajian dan Penelitian NW, Lembaga Pertanian NW, Membangun Museum Mualanasyaikh/NW, membentuk lembaga advokasi bagi pelajar luar negeri, menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri dan menyiapkan pola pengkaderan NW segara berjenjang dan reguler dan beberapa program kerja skala prioritas.
Secara lengkap hasil program kerja PBNW yang sudah disahkan diserahkan ke Bagian Kesekretariatan PBNW untuk diolah dan dibuatkan claster agar mudah memisahkan mana program yang jangka pendek, menengah dan panjang.


Rapat Kerja Perdana PBNW ini berlangsung dalam suasana kekeluargaan dan cair. Rapat sendiri berakhir sekitar pukul 22.30 Wita. (Vin)

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or