2019, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bangun Tiga Buah TP

2019, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bangun Tiga Buah TP

Lombok Tengah SR- Dipastikan tahun ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lombok Tengah (Loteng), bakal membangun pasar berbentuk Tugas Pembantuan (TP).
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Loteng Drs H Saman kepada Suara Rinjani (SR), Jumat (24/05/2019) menjelaskan, saat ini, tahun ini pihaknya sedang focus melakukan proses perencanaan, tiga pasar yang akan dibangun berbentuk tugas pembantuan.
“Saat ini kami sedang melakukan proses perencanaan terhadap tiga pembangunan pasar dalam bentuk tugas pembantuan,” katanya.
Kenapa pihaknya mengatakan tugas pembantuan, sebab anggaran yang ada saat ini hanya sebatas melakukan perbaikan terhadap tiga pasar. Artinya untuk tahun ini, tidak ada pembangunan pasar baru, hanya sebatas pembaruan atau perbaikan terhadap sejumlah pasar.
“Ada tiga pasar yang akan kita rehab saat ini, masing masing pasar Pringgrata Kecamatan Pringgarata, pasar Batu Bongos Kecamatan Janapria dan pasar Sengkol Kecamatan Pujut Loteng,” terangnya.
Selanjutnya dari tiga pasar yang akan diperbaiki, jumlah anggaran yang akan dihabiskan, senilai Rp 6 Miliar, dimana masing masing pasar, nilai pembangunannya sama, yakni sama sama Rp 2 miliar. “Sesuai hasil perencanaan, tiga pasar ini memiliki kerusakan yang sama, sehingga anggarannya dipukul rata, yakni sama sama Rp 2 Miliar,” ungkapnya.
Selain itu lanjutnya, pihaknya juga merencanakan melakukan Revitalisasi pasar , diantaranya pasar Mantang Kecamatan Batukliang, Pasar Mangkung Kecamatan Praya Barat dan Pasar Besso Kecamatan Janapria Loteng. dimana revitalisasi tersebut, dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).
“Jadi diatas tadi sempat say sebutkan tidak membangun, kenapa itu kami katakana demikian, sebab masih dalam pengusulan yang anggarannya dari DAK, dan yang namanya pengusulan, terkadang jadi dan terkadang tidak. Sehingga kami belum bisa berani pastikan wajib terlaksana tahun ini,” terangnya lagi.
Selanjutnya jumlah anggaran yang sudah dianggarakan, senilai Rp 4, 3 Miliar, dengan perincian masing masing Pasar Mantang Rp 800 juta, Pasar Mangkung Rp 1,8, dan Pasar Beson Rp 1,8.
“Mohon doa biar semua perencanaan ini berjalan sesuai harapan,” Cetus H Saman. (ap)

Share this post