Sukiman : Pemda Siapkan 4,9 M untuk Marbot dan Guru Ngaji

Sukiman : Pemda Siapkan 4,9 M untuk Marbot dan Guru Ngaji

Bupati Lombok Timur, HM Sukiman, mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Lombok Timur mengeluarkan beberapan kebijakan terkait kesejahteraan bagi pengurus rumah ibadah dan guru ngaji di kampong-kampung. Tahun ini kita anggarkan Rp 4,9 miliar untuk insentif marbut dan guru ngaji se Lotim. “Dana insentif ini akan diberikan sebelum hari raya Idul Fitri,” kata Bupati saat menghadiri penyerahan RSIK ke Pemda Lotim, Jumat (17/05/2019).
Lanjut Sukiman, mengenai bantuan pangan yang dulu dipusatkan pengadaannya di tingkat Kabupaten, tiap tahunnya sebesar Rp. 24 miliar, sekarang ini, pengadaannya kita distribusikan ke kecamatan-kecamatan.
“Alhmdulillah telah terbagi oleh Camat kepada Kepala Desa,”ungkapnya.
Pada kesempatan itu Bupati Sukiman memerintahkan kepada seluruh Camat, jangan sekali-kali menerima barang yang tak layak dikonsumsi oleh masyarakat kita. Camat diminta menolak rekanan yang mengambil keuntungan berlebihan, dengan kualitas barang yang tidak layak konsumsi. ‘”Semua pihak, manfaatkan bulan penuh berkah ini dengan baik,”imbuhnya.
Terkait masalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) juga disinggung orang nomor satu di Lotim ini. Sukiman meminta, dibulan suci ramadhan ini, BPNT yang sebesar Rp. 110 ribu per KK itu, untuk diberikan beras premium. Jika masih ada masyarakat diberikan beras non premium, maka akan ditolak.
Untuk itu Pemda menunjuk Perusahaan Daerah (PD) dengan rekanannya untuk memberikan kualitas terbaik, untuk masyarakat Lotim. “Kepada pengawas, untuk betul-betul mengawasi bahwa masyarakat diberikan beras berkualitas serta telur yang berkualitas,”pintanya.
Jangan ada lagi permainan seperti zaman dulu. Karena setiap bulan Pemerintah mensubsidi biaya transport distribusi beras dan telur sebesar Rp 50 juta ke desa-desa. Pemerintah disebutnya tidak menggambil keuntungan apapun.
“Tidak ada lagi PKH yang aneh-aneh, berhenti menzolimi masyarakat miskin, dan berikan hak mereka,”pungkasnya.(vin)

Share this post