Tenun Songket Loteng, Dipamerkan di Alun- alun

Tenun Songket Loteng, Dipamerkan di Alun- alun

Lombok Tengah suararinjaninews.co.id – Dewan Kerajinan Nasional Daerah ( Dekranasda) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) bekerjasama dengan Rue Rase Project menggelar Ruang Terbuka Publik in Show di Alun-alun Tastutra Praya, Sabtu (04/05/2019).
Kegiatan tersebut dilakukan, guna membangkitkan kembali para penenun Loteng, sehingga nantinya hasil tenun Loteng bisa lebih baik.
Ketua Dekranasda Loteng Hj Baiq Irma Budiani Suhaili mengatakan, hasil tenun Loteng sudah tembus sampai di internasional. Untuk mempertahankan hal itu, tentunya dibutuhkan perhatian kepada mereka, sehingga nantinya, keberhasilan yang telah diraih para penenun Loteng.
“Labih baik dari sebelumnya. Jadi kita tidak pungkiri kalau Loteng sudah terkenal hasil tenunnya, makanya Dekranasda Loteng sengaja melakukan pameran hasil tenun songket di alun alun, untuk menggenjot para penenun kita agar lebih semangat,” katanya.
Sebagai salah satu langkah lanjutnya, kegiatan seperti ini akan terus di agendakan setiap tahun, dan malah dalam setahun itu, pihakny akan mengusahakan tiga kali setahun. Dengan lokasi pameran berpindah pindah, artinya jika sekarang dilaksanakan di alun alun, isnyaallah di tempat lain juga akan mengadakan hal yang sama.
“Ini akan dilakukan, guna menggenjot kembali para penenun dan memamerkan dan memperkenalkan kain tenun khas Loteng,”pungkasnya.
Pantauan Suara Rinjani, kegiatan tersebut, juga dimeriahkan oleh Jarietnika, RR Dance Crew, Mogan Mogi, Dj Wisnu dan Sanggar Rahayu serta menampilkan  berbagai macam kreasi songket yang dipersembahkan oleh Yani Tenun dan FK Colection yang di peragakan oleh para model dari Benice dan para Putri Mandalika NTB asuhan Ahmad Rifani. (ap)

Share this post