MTQ Ke 28 Ditutup, Bupati Sukiman : Juara Umum MTQ Harus Bisa Bergulir Ke Kecamatan Lain

MTQ Ke 28 Ditutup, Bupati Sukiman : Juara Umum MTQ Harus Bisa Bergulir Ke Kecamatan Lain

Lombok Timur SR – Bupati Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy, menutup secara resmi Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 28 Tingkat Kabupaten Lombok Timur di Ballroom lantai 2 Kantor Bupati Lombok Timur, Jum’at (03/5/2019).
Acara penutupan MTQ ini juga dihadiri Forkopimda, Sekda Kabupaten Lombok Timur, Assisten, Kepala Bagian Setda, Camat, Lurah/Kades, Toga, Toma, Hafiz Hafizah dan tamu undangan lainnya.
Dalam MTQ tahun ini untuk Cabang Tilawah Dewasa Putra juara I diraih Ahmad Hariri dan Putri diraih Hj. Suci Indah Yati.
Selanjutnya untuk Cabang Tahfiz 1 juz dan Tilawah, juara I Putra diraih oleh M. Faiki Hazri dan Juara I Putri diraih Zirwatun Na’ma, berikutnya untuk Cabang Tafsir Bahasa Inggris, juara I Putra diraih M. Kjairul Hafizin dan juara I Putri diraih St. Qoriyatun Hafizin. Untuk Cabang M2IQ Putra, juara I diraih L. Ahmad Zainuddin dan juara I Putri diraih Dina Huswatun Hasanah, Sementara untuk cabang Khat Dekorasi, juara I Putra diraih Martono dan juara I Putri diraih Riana untuk Cabang Fahmi Qur’an, juara I Putra diraih Rozi dan kawan-kawan dari Kecamatan Aikmel, Selanjutnya untuk Cabang Syahril Qur’an juara I Putri diraih Nurul Hairiyah dan kawan-kawan dari Kecamatan Labuan Haji.
Dan untuk juara Umum Pertama diraih Kecamatan Selong, Juara Umum ke dua diraih kecamatan Masbagik dan juara umum ke tiga diraih Kecamatan Suralaga.

Bupati Lombok Timur dalam sambutannya sekaligus menutup MTQ ke 28 menyampaikan permohonan maaf kepada para juara jika nilai hadiah yang diterima sangat terbatas. Hal ini karena keterbatasan anggaran.
Bupati meminta kepada para juara untuk tidak berkecil hati. Meskipun hadiah yang diterima nilainya kecil namun Sukiman berjanji akan mengupayakan tambahan yang nanti akan diberikan saat acara berbuka puasa bersama yang secara khusus digelar Ramadhan nanti.
Tidak lupa juga Bupati mengucapkan selamat dan apresiasi bagi tiga kecamatan yang mendapat juara umum. Di mana, juara umum I diraih Kecamatan Selong, juara umum II diraih Kecamatan Masbagik dan juara umum III diraih Kecamatan Suralaga.
“Kedepan gelar juara ini bisa bergulir ke kecamatan yang lain. Untuk itu, kepada para qori’ dan qori’ah terus berjuang meningkatkan kemampuan terutama kemampuan tilawahnya,” harapnya.

Di akhir sambutan Sukiman menyampaikan penekanan bagi kontingen yang akan mewakili Lombok Timur pada MTQ tingkat Provinsi NTB nanti, agar segera dilakukan Training Centre.
“Sebagai bentuk apresiasi kepada para juara dalam mata lomba kaligrafi pada ajang MTQ beberapa hari yang lalu, kita juga akan mengisi kegiatan buka puasa bersama dengan menggelar lelang terbuka kaligrafi khusus bagi karya para juara dengan dibuka mulai harga Rp. 500.000,” tutupnya.
Sebelumnya panitia penyelenggara dalam laporannya yang disampaikan Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Lombok Timur, H. Ahmad A, S. Kep, MM menyampaikan MTQ ke 28 telah berlangsung selama 7 (tujuh) hari dari tanggal 27 April sampai dengan 03 Mei 2019 yang pembukaannya dipusatkan di Desa Tete Batu Kecamatan Sikur.
Para juara nantinya akan diberikan Jasa prestasi yaitu untuk juara I sebesar Rp. 3.250.000,-, juara II sebesar Rp. 2.500.000,-, juara III sebesar Rp. 2.000.000,-, Sementara juara harapan I Rp. 1.000.000,-, harapan II sebesar Rp. 750.000,- dan harapan III sebesar Rp. 500.000,-.
Para juara tersebut akan mewakili Kabupaten Lombok Timur pada MTQ ke 28 tingkat Provinsi NTB tahin 2019 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Lombok Barat sekitar Oktober 2019 mendatang.
“Untuk persiapan menghadapi event tersebut LPTQ Kabupaten Lombok Timur akan melakukan pembinaan dan TC dalam waktu yang tidak terlalu lama,” tutupnya. (Kus/advertorial)

Share this post