SAKO Syaikh Zainuddin NW Anjani Gelar LKBB Tingkat Kabupaten

SAKO Syaikh Zainuddin NW Anjani Gelar LKBB Tingkat Kabupaten

Lombok Timur SR – Gerakan Pramuka, Satuan Komando (SAKO) Syaikh Zainuddin NW Anjani menggelar Lomba Senam pramuka dan Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) Kreasi tingkat SLTA se Kabupaten Lombok Timur, di Lingkungan Yayasan Pendidikan Ponpes Syaikh Zainuddin NW Anjani, Ahad (17/03/2019).
Kegiatan LKBB ini diikuti sekitar 500 orang peserta dari berbagai sekolah/madrasah Negeri dan Swasta se kabupaten Lombok Timur.
Ketua panitia pelaksana, Makimi menyampaikan, tujuan diadakan lomba tersebut untuk mengajarkan peserta didik menjadi disiplin dan bisa bekerja dalam tim. Dengan kegiatan ini kita ingin meningkatkan kedisip­linan, skill kepramu­kaan, kemampuan dan motivasi . “Sebagai upaya untuk meningkatkan penerapan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan,” ucapnya.
Ia juga mengung­kapkan bahwa kegiatan lomba ini sebagai waha­na untuk mengeva­luasi pembinaan kepra­mu­kaan Pramuka penegak. “Agar generasi muda kita diarahkan untuk melaksanakan hal positif dalam kehidu­pannya saat ini dan untuk membangun masa depan yang lebih baik,” tandasnya.
Lanjut Kalimi, untuk efektifitas waktu pelaksanaan lomba senam dan LKBB tersebut dilaksanakan di dua tempat yakni Untuk Senam Pramuka di Lapangan Kampus IAIH NW Lotim dan untuk lomba LKBB Kreasi di lapangan Kampus STMIK  Syaikh Zainuddin NW Anjani dengan mendatangkan dewan juri dari unsur TNI dan Polri “untuk menjaga netralitas dan sportivitas dalam lomba kami bekerjasama dengan TNI dan Polri sebagai Juri” jelasnya.
Pimpinan SAKO gerakan Pramuka Syaikh Zainuddin NW Anjani, Dedy Efendy, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa LKBB dan Senam Pramuka ini adalak milik dari Sako gerakan Pramuka Syaikh Zainuddin NW Anjani,karena kegiatan ini tidak pernah dilakukan oleh pangkalan mana pun.
“Kita sudah punya hak paten soal LKBB dan Senam Pramuka ini,”ungkapnya.
Ketua Pramuka KwarCab Lotim H Gufronuddin dalam sambutannya saat membuka acara lomba menyampaikan, Alhamdulillah dalam beberapa tahun terakhir Pramuka Lotim mendapat predikat Pramuka teraktif di NTB, dan untuk Lotim SAKO SYAIKH ZAINUDDIN lah yang paling teraktif.
Dalam lomba ini, Piala bergilir didapatkan oleh MA NW Aik Ampat kecamatan Selong sebagai juara umum setelah menjadi juara satu pada Lomba Senam dan lomba LKBB, sedangkan MAN IC Lotim hanya menjadi juara ke II pada Lomba Senam, disusul MA NW Sikur sebagai juara ketiga, selanjutnya untuk lomba LKBB MAN I Lotim sebagai juara II dan MA TIA NW Wanasaba sebagai Juara ke III.
Kegiatan Lomba Senam dan LKBB tersebut dihadiri oleh Mabigus Pramuka Syaikh Zainuddin  NW beserta jajarannya dan para pembina/perwakilan pramuka dari masing-masing sekolah/madrasah yang menjadi peserta.(vin)

Share this post