KPU Lotim Gelar Lomba Gendang Beleq Sosialisasikan Pemilu

KPU Lotim Gelar Lomba Gendang Beleq Sosialisasikan Pemilu

Lombok Timur SR – Sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi warga dalam mengikuti pesta demokrasi 17 April mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Timur menggelar lomba Pentas Seni Sasak Gendang Beleq di Taman Rinjani Selong, Minggu (17/3/2019).
KPU menghadirkan 8 group Sekehe se-Lombok Timur di Lapangan Tugu Kota Selong. Dipilihnya Gendang Beleq, karena Pulau Lombok memiliki keragaman kesenian dan kebudayaan, salah satunya adalah gendang beleq. Gendang beleq adalah alat musik kebanggaan Suku Sasak yang dimainkan dengan cara ditabuh dan dimainkan secara berkelompok.
Dalam sambutannya, Ketua KPU Lotim Dr.M.Junaidi menyampaikan bahwa tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019.
“Mari kita jaga sportivitas, mari bersama-sama kita sukseskan Pemilu 2019,” ungkapnya.
Delapan group yang tampil dalam acara tersebut adalah Gendang Beleq Sasak Dalem Rarang (Rarang, Terara), MGDM Dangah (Kesik, Masbagik), Banjut Kidung Pusaka (Kesik, Masbagik), Gong Tempit (Denggen Timur, Selong), Gedeng Kedaton (Lendang Nangka, Masbagik), Gema Lingsar (Danger, Masbagik), Mekar Sari (Dasan Sawe, Labuhan Haji), Mekar Jati.
Masing-masing group menampilkan performa terbaik mereka di hadapan masyarakat Lombok Timur dan di hadapan para juri yang disambut antusias oleh para penonton hingga akhir acara.
Group dengan perolehan nilai tertinggi kemudian ditentukan sebagai pemenang berdasarkan penilaian dewan juri yang terdiri dari Komisioner KPU Lotim.
Juara pertama diraih oleh MGDM Dangah (Kesik, Masbagik), Juara dua diraih oleh Gong Tempit (Denggen Timur, Selong) dan juara ketiga diraih oleh Gedeng Kedaton (Lendang Nangka, Masbagik).
“Diharapkan dengan kegiatan ini, kita dapat melestarikan kearifan budaya lokal yang menjadi kebanggan bersama dan mampu meningkatkan antusiasme masyarakat menjelang pemilu 2019,” kata Junaidi.
Acara pentas seni yang digelar KPU Lotim itu mendapat banyak perhatian dari masyarakat. (Vin)

Share this post