O2SN Tingkat Kabupaten Lotim Digelar

O2SN Tingkat Kabupaten Lotim Digelar

Lombok Timur SR –  Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SD dan SMP Tingkat Kabupaten Lombok Timur (Lotim), dibuka secara resmi Sekda Lotim, Drs.H.Rohman Farly, MM. Acara berlangsung di Lapangan Lalu Muslihin – Porda Selong ini, juga dihadiri Kepala Dispora Lotim, Ketua KONI Kab.Lotim, Kepala UPTD Dikbud Se Kab. Lotim, pembina olahraga dan Kontingen 02SN masing-masing Kecamatan se Lotim, Senin (04/03/2019).
Dalam sambutan Bupati, yang diwakili Sekda Lotim H Rohman Farly, menyampaikan, dari kegiatan 02SN ini, kita jadikan momentum mencari anak-anak yang berprestasi dan berbakat. Bakat olahraga yang terpendam dari 254 desa dan Kelurahan, yang dibawa masing-masing kecamatan sebagai perwakilan, untuk menunjukan kelebihan dan prestasi atas pembinaan yang telah dilakukan. Bila olahraga dijadikan suatu hal yang penting, tidaklah heran pepatah yang menyatakan dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.

“Artinya, bila anak-anak sebagai generasi penerus dipersiapkan dari SD, SMP, sebagai kelanjutan estapet kepemimpinan dimasa depan, tentu dipersiapkan fisiknya dari sekarang. Sehingga harapan untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur, menuju Negara yang siap bersaing dan menyongsong kesiapan pemimpin nasional,” ungkapnya.
Lanjutnya, O2SN ini harus dibangun untuk menjadi yang terbaik, karena kejayaan terlihat dari prestasi yang terbaik, dan harus diterapkan semangat untuk berolah raga. “Saya datang, saya bertarung dan saya menang, itulah prinsif dan motivasi sehingga secara fisik kita sudah siap dalam bertarung menjadikan yang terbaik,”tandasnya.
Dalam dunia pertandingan ungkap Rohman, tentu ada yang kalah dan ada yang menang. Untuk itu, jika kita mengalami kekalahan anggaplah itu kesuksesan yang tertunda. Yang terpenting adalah semangat untuk bertarung.

Tegakkan sportifitas bermain, tunjukan prestasi yang terbaik, pandang lawan sebagai pemicu, untuk terus berprestasi kedepanya. Oleh karena itu, bila dana menjadi kendala harapnya ada sinergitas antara Dikbud, Dispora dan KONI, berjuang bersama merencanakan dengan benar serta data-data yang tepat dalam sistem perencanaanya. “Kedepan Pemerintah Daerah bersama Tim TPAD, akan memperjuangkannya dalam anggaran-anggaran berikutnya, sebagai bahan evaluasi kita bersama,”pungkasnya.
Sementara itu, Kapala Dispora Lotim, Drs. M.Zaini dalam laporannya menyampaikan, penyelenggara 02SN ini merupakan acara runitas yang dilaksanakan setiap tahun.
Pelaksanaan 02SN di Lotim menurut Zaini, tidak kalah dengan Kabupaten-kabupaten lain di NTB.

“Hal ini merupakan keparcayaan yang diberikan pemerintah daerah, karena kegiatan O2SN ini dibawah kewenangan Dispora, bukan kewenangan Dikbud. Walaupun dalam Juklaknya merupakaan tanggungjawab Dikbud, namun tetap berharap kedepan konsen dalam pembinanan, pengkaderan, khususnya dibidang oleahraga,”harapnya.
Lebih lanjut,  M.Zaini mengatakan, ada suatu yang memperihatinkan dalam pelaksanaan Porprov beberapa waktu lalu, Lotim menduduki peringkat 8 dari 10 Kab/ kota di NTB. Ini menjadi catatan dan koreksi bersama kedepan, bagaimana memajukan olah raga di Daerah ini.
Terkait fasilitas olahraga yang ada, disilahkan mempergunakannya sebatas kebutuhan, demi kemajuan olah raga di kabupaten Lombok Timur.

“Seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan sebagai juara akan mendapatkan piagam dan uang pembinaan,” pungkasnya.
Kegiatan O2SN ini akan berlangsung selama 5 hari yang dimulai dari tanggal 4 s/d 8 Maret 2019, dengan mempertandingkan 8 cabang olahraga diantaranya Atletik, Senam, renang, tenis meja, karate, catur, bulu tangkis dan silat.(vin)

Advertisements

Share this post

Post Comment

Or