SUARA LOTENG 

Tarik Minat Kunjungan Wisman, Pemkab Loteng Meriahkan Event Bau Nyale

Lombok Tengah SR – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Pemda Kab. Loteng), menggelar berbagai kegiatan dalam rangka menyambut Pesona Event Bau Nyale 2019. Hal itu dilakukan guna kembali menarik minat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).
Sejumlah rangkaian agenda kegiatan hiburan menarik ini yang dipusatkan di Kab. Loteng dibawah koordinasi Pemprov yang diantaranya saat ini sudah mulai digelar. Tentunya sejumlah agenda kegiatan tersebut sebelumnya juga sudah melalui beberapa persiapan dan Festival Pesona Bau Nyale ini sendiri sudah mulai dilounching Kementerian Pariwisata tepatnya pada 11 Februari lalu di Mataram.
Seperti dijelaskan Kabag Humas Pemda Kab. Loteng, H. Lalu Herdan, ketika menggelar acara konfrensi pers di ruang pertemuan utama kantor Bupati Loteng, Jum’at (15/02) pekan kemarin, jika salah satu rangkaian agenda kegiatan hiburan dalam menyambut gelaran Festival Pesona Bau Nyale ini akan diawali dengan kegiatan olah raga air yakni Surfing Kontes, yang dimulai tanggal 17 hingga 19 Februari di Pantai Gerupuk yang ikut dimeriahkan para pemain surfing, baik itu domestik maupun mancanegra.
“Insha Alloh, maksud digelarnya kegiatan ini juga tidak lain sangat diharapkan pemerintah guna memulihkan ramainya kunjungan wistawan di daerah pasca gempa beberapa waktu lalu,” jelas, Kabag Humas.
Selanjtnya, pada 17- 23 Februari kegiatan Fhoto Kontes berlokasi di Bazar Mandalika dengan tema Keindahan Alampun juga digelar. Siapa saja pencinta photographer yang berminta diperbolehkan ikut,” ungkapnya.
Terkait brosur persyaratan kegiatan ini sendiri oleh pemerintah telah disebarkan jauh hari sebelum kegiatan digelar.
Selain itu, di Bazar Mandalika ini juga bersamaan akan digelar semacam pameran Desa Wisata, dimana akan menampilkan berbagai potensi, keunggulan, sekaligus keunikan yang ada di beberapa desa terdapat di wilayah Kab. Loteng.
“Di pameran desa wisata ini akan bisa dipamerkan berbagai produk unggulan yang ada di desa sehingga diketahui desa tersebut tidak hanya sebatas lunching desa wisata saja serta akan berlangsung kreatif dialog interaktif dengan pelaku wisata.Insha Alloh, dalam dialog narasumbernya langsung adalah Menteri Pariwisata ,” terangnya.
Rangkaian agenda hiburan lain dalam bentuk olah raga ketangkasan tradisional Sasak, yakni Peresean pun juga digelar di Pantai Senek, yang dimulai pada 19-23 Februari. Supaya kegiatan berlangsung apik dan meriah oleh pemda pun mengemas dengan membangun panggung dalam bentuk tribun. Sehingga penonton pun nantinya bisa dengan puas menonton karena tidak berjubel.
Selanjutnya, 22 Februari akan dilangsungkan Gran Final Pemilihan Putri Mandalika untuk menentukan peserta finalis yang masuk 10 besar. Keesokan harinya, 23 Februari akan dilaksanakan Parade Budaya atau Mandalika Carnaval. “Kegiatan ini dihajatkan untuk membangun kreatifitas dari masyarakat yang ada di setiap kecamatan dan akan dilangsungkan di seputaran jalan raya Kota Praya,” paparnya.
Untuk memeriahkan acara puncak Festival Pesona Bau Nyale pada pagi harinya akan turut disandingkan dengan agenda acara HUT Korem 162 yang diisi dengan lomba lari sejauh 5,8 kilo meter di seputaran jalan Pantai Kuta. Serta Fun Bike and Camp dimana para peserta nantinya sebelum akan mengikuti Fun Bike akan bisa menginap di tenda – tenda yang telah dipersiapkan.
Adapun untuk kegiatan ini akan start di Senek melintasi Mandalika Beach Walk kearah Bundaran Novotel sampai Songgong balik ke Ongos dan finish di Serinting yang jarak total lintasan berkisar 10 sampai 11 km.
Berikutnya, pagelaran seni dan budaya hiburan untuk masyarakat di Kute akan dilangsungkan pemerintah dari 23-24 Februari. “Supaya kegiatan yang dihajatkan pemda untuk tujuan membantu percepatan pembangunan di daerah kita khususnya melalui pariwisata ini, sebelumnya tidak lupa kita meminta ridho dan rahmat Alloh dengan menggelar do’a dan dzikir bersama yang kita gelar bersama di Masjid Agung Praya tanggal 21 Februari. Insha Alloh, Ustadz Yusuf Mansur akan hadir dan memimpin acara ini, masyarakat juga diminta hadir. Semoga nantinya semua acara bisa berjalan lancar, aman, dan sukses. Amin,” tutup H. Lalu Herdan penuh harap dalam konfrensi persnya. (ang)

Related posts

%d blogger menyukai ini: